Fitur transfer chat WhatsApp meluncur di beberapa HP Samsung, berikut panduannya

Jumat, 03 September 2021 | 14:35 WIB   Penulis: Arif Budianto
Fitur transfer chat WhatsApp meluncur di beberapa HP Samsung, berikut panduannya

ILUSTRASI. Fitur transfer chat WhatsApp meluncur di beberapa HP Samsung, berikut panduannya


WHATSAPP - Jakarta. Fitur migrasi chat WhatsApp dari iOS ke Android akhirnya meluncur di beberapa HP Samsung. Lewat fitur ini, pengguna iPhne bisa transfer riwayat chat WhatsApp dari iOS ke Android.

Setelah diumumkan beberapa waktu yang lalu, akhirnya fitur transfer chat di WhatsApp iOS ke Android meluncur. Sayangnya, fitur tersebut baru tersedia untuk beberapa HP Samsung yang mendukung aplikasi tambahan bernama Samsung SmartSwitch.

Aplikasi SmartSwitch ini memungkinkan pengguna HP Samsung yang baru atau telah direset mengembalikan data-data dari HP sebelumnya. Termasuk dari smartphone dengan platfrm yang berbeda, seperti iPhone (iOS).

Data-data dari HP sebelumnya, termasuk foto, kontak, bahkan chat WhatsApp bisa ditransfer ke HP Samsung lewat aplikasi SmartSwitch tersebut.

Transfer data lewat SmartSwitch bisa dilakukan secara wireless (tanpa kabel) maupun menggunakan kabel. 

Lalu, bagaimana cara mentransfer riwayata chat WhatsApp dari iOS ke Android?

Baca Juga: Inilah daftar laptop yang mendukung Windows 11 saat rilis , berikut spesifikasinya

ILUSTRASI: WhatsApp

Mengutip dari laman WABetainfo, Anda harus menghubungkan iPhone dengan HP Samsung. Anda memerlukan kabel USB-C to Lightning atau bisa juga menggunakan adapter.

Migrasi lewat kabel ini hanya didukung beberapa HP Samsung, seperti: Galaxy S10+, S10, S10e, Note10+, Note10+ 5G, dan Z Flip. WABetainfo juga menambahkan beberapa HP Samsung yang lain minimal Android 10 telah mendukung aplikasi SmartSwitch ini.

Setelah menghubungkan HP Samsung ke iPhone menggunakan kabel, buka aplikasi SmartSwitch di HP Samsung yang digunakan. Terdapat QR code yang muncul, gunakan iPhone Anda untuk scan kode tersebut.

Setelah melakukan scan, proses migrasi data akan dimulai. Setelah itu, Anda bisa login ke aplikasi WhatsApp di HP Samsung dengan nomor yang digunakan sebelumnya.

Setelah berhasil login, penguna akan diminta import riwayat chat. Anda bisa pilih confirm untuk melanjutkan transfer chat dan media dari HP iPhone yang digunakan sebelumnya.

WhatsApp di iPhone Anda akan keluar secara otomatis. Nah, sekarang saatnya Anda menggunakan WhatsApp di HP Samsung dengan data-data yang sama seperti yang ada di iPhone.

Dengan demikian, Anda bisa melanjutkan obrolan dengan orang-orang terdekat lewat WhatsApp tanpa kehilangan riwayat pesan sebelumnya.

Selanjutnya: Malware Joker kembali mengancam! Segera hapus 8 aplikasi ini di HP Android

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Arif Budianto

Terbaru