Fordigi Goes to Campus: Mencari Talenta Digital di Kampus-Kampus Indonesia

Selasa, 23 Mei 2023 | 22:45 WIB   Reporter: Noverius Laoli
Fordigi Goes to Campus: Mencari Talenta Digital di Kampus-Kampus Indonesia

ILUSTRASI. Kampus ITB. Fordigi Goes to Campus: Mencari Talenta Digital di Kampus-kampus Indonesia.


EDUKASI -  BANDUNG. Kebutuhan sumber daya manusia (SDM) atau talenta digital semakin besar seiring dengan perkembangan teknologi informasi di Indonesia. Forum Digital BUMN (Fordigi) sebagai mitra Kementerian Badan Usaha Milik Negara melakukan road show ke kampus-kampus yang ada di 10 kota besar dengan program “Fordigi Goes to Campus” untuk menggali talenta-talenta digital dari berbagai kampus di Indonesia.

Institut Teknologi Bandung (ITB) menjadi kampus pertama dari 10 kampus lainnya dalam program ini. Program yang terdiri dari rangkaian kegiatan mulai dari seminar hybrid, hackaton, deepracer league dan call for paper UU Pelindungan Data Pribadi (PDP) ini akan menjadi sarana bagi para mahasiswa dalam memahami kontekstual, tren, tantangan, serta potensi yang terdapat di era digitalisasi. 

Kegiatan ini berfokus untuk mendorong para mahasiswa agar dapat mengoptimalisasi pemanfaatan fasilitas digital dalam menghadirkan berbagai pembaruan bagi lingkungan di sekitarnya, serta mampu memahami aspek digitalisasi dalam proses bisnis dalam memanfaatkan kekayaan ekosistem bisnis digital.

Baca Juga: Fordigi BUMN Goes To Campus Diluncurkan untuk Bangun Ekosistem Digital

“Saya berharap rekan-rekan mahasiswa tergerak mengambil peranan sebagai talenta digital yang memiliki literasi digital yang tinggi, berpikiran kritis, berkomunikasi efektif, adaptif dan berkolaborasi serta menjadi problem solver yang dapat menyelesaikan masalah dengan berbasis digital untuk menyelesaikan masalah dan menjawab tantangan masa mendatang,” kata Ketua Umum Fordigi, Muhamad Fajrin Rasyid dalam keterangannya, Senin (22/05/2023).

Menurut Ketua Umum Fordigi, Indonesia diproyeksikan membutuhkan setidaknya 9 juta digital talent dalam 15 tahun atau kurang lebih membutuhkan sekitar 600.000 talenta digital per tahunnya. 

Fordigi memiliki serangkaian program kerja, yang bertujuan untuk membantu mahasiswa agar terus belajar dan berkembang sebagai digital talent, agar dapat memberikan dampak dan berperan lebih bagi perusahaan maupun industri digital di ranah global. 

Sebagai bagian dari upaya percepatan akselerasi transformasi digital, Fordigi Bidang Ecosystem Development merumuskan serangkaian program kerja transformasi digital, serta langkah-langkah nyata sebagai bagian dari upaya mendapatkan, mengembangkan, dan melakukan assesment terhadap talenta digital, khususnya dari lingkungan universitas. 

Baca Juga: Siswa, Ini Tata Tertib Peserta dan Pengantar Peserta Ujian UTBK-SNBT 2023 di Undip

Di sela-sela acara yang mengangkat tema “Break Away from Conventional Thinking, Find Your Next Big Business Idea” ini, Ketua Bidang IV Fordigi Ecosystem Development, Beatrix Santi Anugrah menjelaskan seluruh Fordigi Goes to Campus di tiap kota itu temanya berbeda-beda.

“Apapun yang mereka (mahasiswa) keluarkan sebagai bagian daripada kreativitas mereka untuk membantu dapat benar-benar dipergunakan di daerahnya masing-masing,” kata Beatrix usai acara Fordigi Goes to Campus Institut Teknologi Bandung (ITB). 

“Di city chapter #1 ITB itu mengeluarkan 188 pitch deck. Jadi ada 188 engine baru yang dikeluarkan teman-teman dari ITB, khususnya mahasiswa ITB dan juga ada mahasiswa lainnya yang di Bandung,” lanjutnya menjelaskan. 

Beatrix selaku Ketua Bidang IV Fordigi menyampaikan bahwa pihaknya menargetkan jumlah partisipan sebanyak 30.000 peserta untuk setiap kampus-kampus yang akan didatangi Fordigi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Noverius Laoli

Terbaru