Gaet Stripe, Spotify Permudah Podcaster dalam Memperoleh Bayaran

Rabu, 26 Januari 2022 | 13:58 WIB   Reporter: Yudho Winarto
Gaet Stripe, Spotify Permudah Podcaster dalam Memperoleh Bayaran

ILUSTRASI. Spotify


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Stripe, perusahaan teknologi global yang membangun infrastruktur ekonomi untuk internet, menjalin mitra dengan Spotify untuk mempermudah podcaster dalam memperoleh bayaran hingga menciptakan aliran pendapatan yang berulang, serta mempererat hubungan dengan pendengar.

Misi Spotify adalah untuk membebaskan potensi kreatif penggunanya dengan membuka kesempatan bagi satu juta kreator konten memperoleh keuntungan dari hasil karya mereka dan bagi miliaran pendengar untuk menikmati dan terinspirasi oleh karya-karya tersebut.

Sebagai layanan streaming audio terpopuler di dunia, Spotify baru-baru ini meluncurkan Podcast Subscriptions, layanan yang memungkinkan podcaster untuk menawarkan konten bulanan berbayar.

Baca Juga: Mau bagiin Spotify Wrapped 2021 ke Instagram Stories? Mudah kok, begini caranya

Menurut hasil analisa Stripe, kreator yang berkarya di 50 platform yang bermitra dengan Stripe telah meraih pendapatan hampir US$ 10 miliar. Selain itu, popularitas cerita panjang juga terus meningkat.

“Spotify Podcast Subscriptions memudahkan para kreator untuk menciptakan dan mengelola sumber pendapatan baru, dan bagi pendengar untuk berlangganan konten yang mereka gemari. Stripe juga memiliki semangat yang sama dengan kami untuk fitur ini. Teknologi dan kemampuan kolaboratif secara cepat yang mereka miliki membantu kami meluncurkan Podcast Subscriptions di 2021, menghubungkan kreator dan pendengar di seluruh dunia,” kata Michael Mignano, Global Head of Talk Verticals Spotify dalam keterangannya persnya, Rabu (26/1).

Stripe menyediakan infrastruktur pembayaran untuk Podcast Subscriptions, membantu Spotify mengembangkan fitur untuk mendukung lusinan mata uang bagi ribuan kreator di lebih dari 30 negara.

Dengan Stripe, kreator dapat menerima pembayaran dari pendengar di seluruh dunia, sesuai dengan mata uang yang mereka pilih.

Sebagai contoh, seorang podcaster di Paris, Prancis, kini dapat menerima pembayaran dalam mata uang Euro, bahkan jika pendengarnya membayar biaya berlangganan bulanan dalam mata uang dolar dari Hong Kong, kroner dari Denmark, dan franc dari Swiss.

Baca Juga: Ini 2 Cara Upgrade Spotify Premium iOS dan Android

Meningkatkan Jumlah Langganan Podcast

Menggunakan Stripe Connect, Spotify mampu menyederhanakan proses penerimaan pembayaran dan verifikasi identitas bagi para podcaster. Stripe menghadirkan kemudahan proses pembayaran bagi setiap podcaster yang mendaftarkan diri di Spotify.

Dalam kerjasamanya dengan Stripe meluncurkan Podcast Subscriptions, Spotify juga telah menggunakan produk-produk Stripe lainnya, seperti Stripe Billing, Stripe Invoicing, dan Stripe Radar.

“Platform seperti Spotify memudahkan para kreator untuk memperoleh pendapatan berulang dari kegiatan yang sangat mereka gemari: berbagi cerita,” kata Mike Clayville,

Chief Revenue Officer Stripe menuturkan “Kami senang sekali dapat membantu Spotify mempercepat pertumbuhan ekonomi kreator. Saya sendiri sudah tidak sabar untuk berlangganan beberapa podcast baru!”

Podcast Subscriptions saat ini tersedia untuk kreator konten di 34 negara dalam delapan bahasa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Yudho Winarto

Terbaru