HOME

Gagal mengulang sukses di Filipina, timnas U-23 Indonesia kalah dari Vietnam 0-3

Selasa, 10 Desember 2019 | 21:23 WIB Sumber: Kompas.com
Gagal mengulang sukses di Filipina, timnas U-23 Indonesia kalah dari Vietnam 0-3

Kapten Timnas U-22 Indonesia Andy Setyo (kedua kanan) dan penjaga gawang Nadeo Arga Winata (tengah) tertegun saat tercipta gol dari Timnas Vietnam dalam pertandingan final sepak bola putra SEA Games 2019 di Stadion Rizal Memorial, Manila, Filipina, Selasa

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Timnas U23 Indonesia kalah 0-3 dari Timnas U23 Vietnam pada laga final SEA Games 2019. Dengan demikian, Garuda Muda harus puas meraih medali perak cabang olahraga sepak bola. Laga timnas U23 Indonesia vs Vietnam digelar di Stadion Rizal Memorial, Selasa (10/12) malam WIB. 

Tiga gol Vietnam pada laga tersebut dicetak oleh sundulan Doan Van Hau (39', 59'), dan Do Hung Dung (73'). Dengan hasil ini, timnas U23 Indonesia harus puas meraih medali perak di SEA Games 2019. Sementara itu, Vietnam dipastikan mengalungi medali emas cabang olahraga sepak bola SEA Games 2019. 

Baca Juga: Duel seru timnas U-23 Indonesia vs Vietnam, ini statistiknya

Jalannya pertandingan Pada awal babak pertama, timnas U23 Indonesia mencoba menyerang lewat sisi sayap. Saddil Ramdani dan Asnawi Mangkualam yang melakukan overlap mencoba membuka peluang pertama bagi timnas U23 Indonesia. Namun, pergerakan keduanya masih mampu dihentikan barisan belakang Vietnam. 

Ancaman pertama timnas U23 Indonesia hadir pada menit ke-6 lewat situasi tendangan bebas. Eksekusi yang dilakukan oleh Zulafiandi mengarah ke gawang, namun masih bisa ditepis kiper Vietnam, Nguyen Van Toan, dan hanya menghasilkan sepak pojok. 

Semenit berselang, Saddil Ramdani menusuk lewat sisi kanan pertahanan Vietnam. Saddil kemudian mengirimkan umpan tarik, tetapi Osvaldo Haay yang menjadi sasaran gagal menyambut bola kiriman Saddil. 

Baca Juga: Heboh Mahathir akan mundur demi Anwar, meski ada tuduhan serangan seksual

Sepuluh menit pertama, timnas U23 Indonesia terlihat terus mengurung pertahanan Vietnam. Sementara itu, peluang pertama Vietnam hadir pada menit ke-11. Tendangan penjuru yang diambil pemain Vietnam mengarah langsung ke gawang. 

Nadeo Arga Winata, yang ditugaskan menjadi palang pintu terakhir, dengan cekatan mementahkan peluang tersebut. Pada menit ke-18, tandukan Nguyen Thanh Chung yang sebelumnya menyambut umpan silang Do Dung Hung, masih tinggi di atas gawang timnas U23 Indonesia. 

Dua menit berselang, terjadi insiden antara Evan Dimas dan Doan Van Hau. Bek Vietnam itu tertangkap kamera menginjak kaki Evan Dimas. Insiden tersebut membuat Evan Dimas harus dipapah keluar lapangan dan dinyatakan tidak bisa melanjutkan pertandingan. 

Baca Juga: Jokowi: Apresiasi saya untuk peselancar Filipina yang menolong atlet Indonesia

Editor: Yoyok

Dukungan dari Anda akan menambah semangat kami dalam menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat seperti ini.

Jika berkenan, silakan manfaatkan fasilitas donasi berikut ini.

gopay


Terbaru