Jokowi: Apresiasi saya untuk peselancar Filipina yang menolong atlet Indonesia

Senin, 09 Desember 2019 | 15:39 WIB   Reporter: kompas.com
Jokowi: Apresiasi saya untuk peselancar Filipina yang menolong atlet Indonesia


SEA GAMES 2019 - JAKARTA. Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan apresiasi kepada peselancar Filipina Roger Casugay lantaran sudah menyelamatkan atlet Indonesia yang tergulung ombak saat bertanding di SEA Games 2019.

Dalam ajang SEA Games 2019 cabang olahraga (cabor) surfing, Arip Hidayat nyaris menjadi korban gara-gara tergulung ombak. Peristiwa tersebut terekam oleh kamera penonton saat menyaksikan pertandingan surfing di Pantai La Union, Filipina, Jumat (6/12).

Saat itu, papan selancar milik Arip putus sehingga dirinya kesulitan untuk kembali ke permukaan. Beruntung, Roger Casugay yang kalau itu tengah berada dekat dengan posisi Arip Hidayat, langsung menyelamatkannya.

Baca Juga: Klasemen medali SEA Games 2019, Indonesia unggul tipis atas Vietnam

Roger Casugay pun mampu menyelamatkan Arip Hidayat hingga keluar dari gulungan ombak. Padahal, ketika itu, Roger Casugay bisa saja menyumbangkan medali emas untuk tuan rumah Filipina karena memperoleh banyak poin.

Namun, Roger Casugay lebih memilih meninggalkan perlombaan dan menyelamatkan atlet Indonesia yang tak lain adalah rivalnya. Aksi heroik yang Roger Casugay lakukan mendapatkan respons dari masyarakat Indonesia, tak terkecuali Presiden Jokowi.

Editor: S.S. Kurniawan

Terbaru