Gagal Update? 3 Cara Mengatasi Perangkat Tidak Kompetibel di Google Play

Sabtu, 02 Maret 2024 | 17:15 WIB   Penulis: Bimo Kresnomurti
Gagal Update? 3 Cara Mengatasi Perangkat Tidak Kompetibel di Google Play

ILUSTRASI. Cara mengatasi perangkat tidak kompetibel


GADGET - JAKARTA. Simak penyebab muncul notifikasi perangkat tidak kompetibel di Google Play Store. Pengguna Android tentu merasakan adanya pembaruan sistem dan aplikasi pihak ketiga yang memerlukan memori hingga OS terbaru.

Ketika perangkat dianggap tidak kompatibel di Play Store, itu berarti aplikasi atau game tertentu yang ingin diunduh atau diinstal tidak dapat didukung atau dijalankan dengan baik pada perangkat tersebut.

Baca Juga: Daftar Game Android Terbaik Google Play Best of 2023, Honkai: Star Rail Pemenangnya!

Kendala kompatibilitas bisa muncul karena beberapa alasan, seperti perbedaan versi sistem operasi, spesifikasi perangkat keras yang tidak memenuhi syarat minimum aplikasi, atau mungkin aplikasi tersebut belum dioptimalkan untuk perangkat tertentu.

Sebagai contoh, jika sebuah aplikasi memerlukan versi Android yang lebih baru daripada versi yang terpasang pada perangkat, atau jika aplikasi tersebut memerlukan spesifikasi perangkat keras tertentu yang tidak dimiliki oleh perangkat, Anda mungkin menerima pesan "Perangkat Anda tidak kompatibel dengan versi ini" di Play Store.

Baca Juga: Link Download Ojol The Game APK Android dan iOS yang Resmi, Simulasi jadi Ojol

Cara mengatasi notifikasi perangkat tidak kompetibel

Google Play Store

Untuk mengatasi masalah ini, beberapa langkah yang dapat diambil termasuk memperbarui versi sistem operasi perangkat saat memungkinkan, membersihkan cache Play Store, atau menghapus pembaruan terakhir dari aplikasi Play Store itu sendiri.

Meskipun demikian, terkadang ada batasan yang tidak dapat diatasi, seperti jika perangkat sudah tidak lagi mendukung pembaruan sistem operasi terbaru.

Berikut ini beberapa solusi yang bisa dicoba oleh pengguna terkait masalah notifikasi tersebut, dilansir dari Gadget to Use.

Baca Juga: Cara Download Minecraft Pocket Edition, Link Resmi, Harga Asli di Android dan iOS

1. Update Sistem Operasi Android

Menyegarkan sistem operasi Android merupakan salah satu solusi mengatasi kendala perangkat yang tidak kompatibel di Play Store. Upaya memperbarui versi sistem operasi Android perlu dilakukan agar memenuhi persyaratan minimum pengoperasian aplikasi.

Pada umumnya, pembaruan sistem operasi Android dapat dilakukan melalui opsi "Settings". Cukup pilih "Software Update" dan lakukan unduhan serta instalasi versi terbaru jika tersedia. Jika ponsel tidak lagi mendukung pembaruan sistem operasi terkini, pengguna mungkin tidak dapat melakukan pembaharuan.

2. Pembersihan Cache

Membersihkan cache Play Store adalah langkah kedua untuk mengatasi perangkat yang tidak kompatibel di Play Store. Caranya, akses menu "Settings" pada ponsel Android, pilih "App Management," dan temukan aplikasi Play Store.

Setelah itu, klik opsi "Clear Play Store Cache" untuk menghapus data sementara atau cache yang dapat memengaruhi kompatibilitas.

3. Menunda pembaruan Play Store

Menghapus pembaruan Play Store adalah solusi lain untuk menangani masalah kompatibilitas di Play Store. Terkadang, versi terbaru Play Store dapat menimbulkan masalah pada ketersediaan aplikasi di ponsel Android.

Langkahnya, buka "Settings" pada ponsel, pilih "App Management," temukan aplikasi Play Store, dan klik opsi "Uninstall Update." Dengan mengambil tindakan ini, Play Store akan kembali ke versi yang lebih stabil.

Apabila semua cara sudah dilakukan namun tidak membuahkan hasil, artinya perangkat Anda sudah tidak dapat menjalankan aplikasi tersebut.

Sehingga, Anda perlu memperbarui perangkat Anda ke varian terbaru agar bisa memakai aplikasi dengan minimal operasi sistem tertentu.

Itulah sederet informasi terkait cara mengatasi perangkat tidak kompetibel di Google Play Store.

Selanjutnya: South Korea Publicly Prders Some Doctors Who Walked Off The Job Back to Work

Menarik Dibaca: Suasananya Tenang, Ini 5 Destinasi Wisata Untuk Introvert

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Bimo Kresnomurti

Terbaru