Gamers Senang Melihat Ini, VGA Nvidia RTX 3050 Tidak Cocok Untuk Penambang Kripto

Selasa, 25 Januari 2022 | 09:50 WIB Sumber: PCGamer
Gamers Senang Melihat Ini, VGA Nvidia RTX 3050 Tidak Cocok Untuk Penambang Kripto

ILUSTRASI. Gamers Senang Melihat Ini, VGA Nvidia RTX 3050 Tidak Cocok Untuk Penambang Kripto


KOMPUTER - Gamers senang melihat ini, VGA terbaru Nvidia RTX 3050 tidak cocok untuk penambang kripto. Berkat fitur yang diusung RTX 3050 yakni algoritma Lite Hash Rate atau yang disingkat LHR ini membuat penambang kripto sulit balik modal.

Seperti yang diumumkan dalam ajang CES 2022 beberapa waktu yang lalu, Nvidia telah bersiap untuk meluncurkan kartu grafis atau VGA terbarunya yakni RTX 3050. Kabar baiknya, VGA Nvidia RTX 3050 ini akan sepenuhnya ditujukkan untuk para gamers.

Ya, mengingat kelangkaan VGA yang tidak jarang diborong oleh para penambang kripto atau crypto miners, Nvidia RTX 3050 kabarnya menghasilkan performa yang rendah bila digunakan untuk mining.

Dikutip dari PCGamer, ini semua berkat teknologi dan fitur yang diusung RTX 3050 yaitu algoritma Lite Hash Rate atau yang disingkat LHR. Ini bukan teknologi atau fitur yang pertama kali diperkenalkan Nvidia.

Fitur ini sebelumnya diperkenalkan lewat RTX 3060 yang bertujuan untuk menghindari VGA ini jatuh di tangan para penambang kripto. 

Meskipun beberapa miner dapat menjebol dan mematikan fitur batasan tersebut, setidaknya LHR ini menjadi salah satu tembok penghalang supaya penambang kripto tidak memborong VGA. Dengan demikian gamers yang ingin merakit PC dapat menemukan VGA yang mereka inginkan dengan budget yang "wajar".

Baca Juga: Kode Redeem FF Terkini Januari 2022, Cara Mendapatkan Voucher Weapon Hingga Parasut

Nvidia RTX 3050

RTX 3050 diharapkan hadir dengan algoritma LHR. Meskipun ini belum dapat dikonfirmasim, setidaknya sampai VGA ini benar-benar sampai ditangan Anda.

Namun fakta lain mengungkapkan bahwa meskipun hadir dengan limiter, beberapa penambang kripto tetap tergoda karena mereka masih dapat menghasilkan keuntungan yang cukup cepat. Jadi, apakah LHR ini benar-benar menjadi kabar gembira untuk para gamers? Atau justru masih berpihak kepada para penambang?

Berdasarkan sumber dari China yang dikutip oleh Videocardz baru-baru ini menunjukkan hasil performa dari RTX 3050 yang digunakan untuk menambang kripto. Dalam screenshot yang didapatkan, RTX 3050 hanya dapat menghasilkan 20MH/s dalam 4 detik sebelum turun ke 12,5 MH/s dengan konsumsi daya 73W. 

Baca Juga: Cara Membuat Emojimix, Gampang Banget Cukup Kunjungi Situs atau Website Tikolu

Dengan performa tersebut, setidaknya membutuhkan 500 hari untuk balik modal dengan asumsi harga RTX 3050 $250 dolar AS. Apakah ini saatnya VGA mulai mudah untuk didapatkan untuk kalangan gamers dan orang-orang yang ingin merakit PC dengan harga yang wajar? Belum lagi ditambah dengan cryptocurrency yang baru-baru ini ambruk.

Menurut Nvidia, RTX 3050 ini akan menghadirkan performa yang baik untuk bermain game dengan teknologi Ray Tracing dan DLSS. Dibekali memori yang cukup lega 8 GB GDDR6 untuk memainkan game jaman sekarang.

Nvidia sendiri akan segera merilis RTX 3050 ini pada tanggal 27 Januari 2022 mendatang dengan harga mulai dari Rp 4.300.000. Ya, semoga saja harga ketika rilis nanti tidak jauh dari yang diumumkan oleh Nvidia. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Arif Budianto

Terbaru