Gamma, Anak Boy Thohir, Launching Klub Sepakbola Nusantara United

Selasa, 20 Desember 2022 | 20:02 WIB   Reporter: Ardian Taufik Gesuri
Gamma, Anak Boy Thohir, Launching Klub Sepakbola Nusantara United

ILUSTRASI. Gamma, Anak Boy Thohir, Launching Klub Sepakbola Nusantara United.


OLAHRAGA - DOHA. Tepat dua hari setelah gelaran FIFA World Cup Qatar 2022 (11/2) berakhir, lahir klub sepakbola yang berlaga di kompetisi Tanah Air. Namanya: Nusantara United.

Adalah Gamma Thohir, anak Dirut PT Adaro Energy Tbk Garibaldi (Boy) Thohir, yang memperkenalkan klub sepakbola baru tersebut di Warung Mariam, di Doha, Qatar. Nama klubnya memang memakai nama calon ibukota negara yang baru, Nusantara.

Sebagai komisaris utama, Gamma menginginkan Nusantara United menjadi magnet bagi ibukota baru. Karena sepakbola itu mengundang orang berkumpul, sehingga ia berharap banyak warga masyarakat yang berdatangan ke Nusantara.

Di musim liga kali ini, Nusantara United, masuk dalam kompetisi liga 2.

Baca Juga: Presiden FIFA: Piala Dunia Antar Klub Akan Menampilkan 32 Tim pada 2025

"Kami tentu menargetkan bisa naik. Tapi, sekarang saya berharap hasil yang terbaik aja," ujar Gamma yang mengambil studi manajemen sport di Pepperdine University, Los Angeles, AS.

Klub Nusantara United saat ini masih berbasis di Yogyakarta. Maklum, Gamma dan para partnernya, antara lain Pieter Tanuri, memang mengakuisisi klub Mataram Utama yang berbasis di Yogyakarta, awal tahun 2022 ini. Setelah diakuisisi, klub berubah nama menjadi Nusantara United.

Dengan mengusung nama Nusantara United, klub tersebut merekrut pemainnya dari Sabang sampai Merauke. Itu dilakukan untuk bisa merepresentasi nama Nusantara.

"Selain itu juga nama Nusantara United kan kalau diterjemahkan menjadi Nusantara bersatu," tutur Gamma.

Sementara ini homebase Nusantara United masih di sekitar Yogyakarta-Magelang. Nantinya homebase klub tersebut akan berpindah ke IKN.

Di IKN, Gamma juga akan menyiapkan stadion untuk menjadi bagian dari ajang liga sepakbola nasional. Pihaknya mengaku sudah mengajukan izin kepada pemerintah untuk bisa membangun stadion dengan fasilitas pendukungnya di kawasan IKN.

Menurut Gamma ada yang khas dari klub tersebut dibanding klub lain. Menurutnya Nusantara United menjalankan model kontrak jangka panjang untuk para pemain. Nusantara United membuat kontrak dengan para pemain setidaknya untuk tiga tahun. Dengan begitu dia berharap bisa memberi kepastian karier bagi para pemain.

Baca Juga: Liga 1 Indonesia Boleh Ditonton Maksimal 70%, Polisi Tanpa Senjata Gas Airmata

Lebih lanjut Gamma menjelaskan jersey yang dikenakan pemain Nusantara United. Jersey tersebut berwarna hijau untuk mewakili hijaunya hutan Kalimantan. Di atas warna dasar hijau itu tergambar ragam hias bermotif dayak sebagai budaya utama di Kalimantan. 

Saat ini, klubnya mengandalkan sponsor utama PT Adaro Minerals  Indonesia Tbk, juga Alderon dan IDN Times. Targetnya sampai 3 tahun klub dengan pelatih Slamet Riyadi ini bisa menggaet sponsor utama yang lain.

Gamma menargetkan klubnya bermain bagus dan bakal naik kelas ke Liga 1. “Secepatnya,” ujar Gamma.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tendi Mahadi

Terbaru