kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

Gandeng In-Docs, Bekraf gelar forum film dokumenter


Selasa, 27 Maret 2018 / 17:25 WIB
Gandeng In-Docs, Bekraf gelar forum film dokumenter
Docs By The Sea travelling masterclass

Reporter: Jane Aprilyani | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) bekerja sama dengan In-Docs akan menyelenggarakan Docs by the Sea, yaitu forum film dokumenter internasional yang akan diselenggarakan untuk kedua kalinya pada tahun ini.

Sebanyak 30 proposal film dokumenter terpilih akan dipresentasikan di hadapan lebih dari 30 produser/broadcaster/festival internasional untuk mendapatkan kesempatan pendanaan dan kolaborasi. Acara ini bertujuan membuka akses pendanaan dan distribusi internasional bagi para pelaku kreatif di bidang film dokumenter Indonesia.


Bekraf bekerja sama dengan In-Docs dan Festival Film Dokumenter (FFD) Yogyakarta telah mengadakan Docs by the Sea, Traveling Masterclass pada hari Rabu, 21 Maret 2018 lalu.

"Program Docs by the Sea terbuka bagi para pembuat film dokumenter yang sudah maupun belum memiliki ide untuk mengembangkan ide dalam memproduksi film dokumenter," ujar Deputi Riset, Edukasi dan Pengembangan Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) Abdur Rohim Boy Berawi dalam keterangan yang diterima Kontan.co.id, Selasa (27/3).

Selain di Yogyakarta, Docs by the Sea, Traveling Masterclass juga akan berlangsung di Singkawang, Kalimantan Barat, pada 6 April 2018 mendatang. Docs by the Sea International Documentary Forum 2018 akan diselenggarakan pada tanggal 7—9 Agustus 2018, di Bali.

Tahun ini, Docs by the Sea juga berkolaborasi dengan Tribeca Film Institute USA dalam program IF/Then Shorts Pitch Competition khusus untuk kategori dokumenter pendek. Para pembuat film dokumenter yang membutuhkan bantuan pengembangan cerita dan solusi pendanaan dapat mendaftarkan ide filmnya dengan mengisi formulir online.

Peserta yang terpilih akan mendapatkan kesempatan untuk mengikuti lokakarya penulisan cerita dan penyuntingan gambar dengan tutor-tutor ahli dokumenter, di antaranya Karolina Lidin (Nordisk Film Institute, Norwegia), Ulla Simonen (MADE, Finlandia), Iikka Vehkalahti (Rough Cut Service, Finlandia), dan Don Edkins (STEPS, Afrika Selatan).

Para peserta juga berkesempatan memenangkan hadiah berupa dana produksi dan slot untuk mengikuti forum-forum dokumenter internasional, di antaranya International Documentary Festival Amsterdam. Pendaftaran terbuka sampai tanggal 13 April 2018. Informasi pendaftaran dan formulir dapat diunduh melalui website www.docsbythesea.org.

Bekraf optimistis bahwa industri kreatif khususnya industri film bisa menyokong pertumbuhan ekonomi Indonesia. Untuk tahun ini saja, target pertumbuhan ekonomi kreatif diyakini melampaui Rp 1.000 triliun.


Tag


TERBARU

×