Sport

Gara-gara corona, Kanada ogah berpartisipasi di Olimpiade 2020

Senin, 23 Maret 2020 | 09:52 WIB Sumber: Reuters
Gara-gara corona, Kanada ogah berpartisipasi di Olimpiade 2020

ILUSTRASI. Ilustrasi Olimpiade 2020

KONTAN.CO.ID - OTTAWA. Komite Olimpiade Kanada atawa The Canadian Olympic Committee (COC) dan Paralympic Committee (CPC) memutuskan tidak akan berpartisipasi dalam Olimpiade dan Paralimpiade pada musim panas 2020 karena kekhawatiran tentang penyebaran virus corona.

Opsi penundaan untuk mengadakan Olimpiade yang seharusnya belangsung pada bulan Juli telah meningkat tajam dalam 48 jam terakhir. Beberapa negara dan asosiasi cabang olahraga dengan tegas telah menyerukan penundaan karena pandemi virus corona di global.

Hingga saat ini, sedikitnya terdapat 325.000 kasus positif terinfeksi virus corona dan membunuh lebih dari 14.000 di seluruh dunia. 

Baca Juga: Daftar turnamen bulu tangkis yang ditangguhkan bertambah, ini daftarnya

"COC dan CPC mendesak mendesak Komite Olimpiade Internasional (IOC), dan Komite Paralimpik Internasional (IPC) dan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) untuk menunda Olimpiade selama satu tahun dan kami menawarkan mereka dukungan penuh kami dalam membantu menavigasi semua kompleksitas yang menjadwal ulang Olimpiade akan membawa," kata COC dalam sebuah pernyataan, Minggu (22/3) waktu setempat.

"Kami mengenali kompleksitas yang melekat di sekitar penundaan, tetapi tidak ada yang lebih penting daripada kesehatan dan keselamatan atlet kami dan komunitas dunia," tambahnya.

IOC mengatakan pada hari Minggu bahwa pihaknya akan mengadakan diskusi yang akan mencakup opsi untuk mengembalikan tanggal mulai 24 Juli atau bahkan memindahkan Olimpiade satu tahun atau lebih karena wabah global virus corona, tetapi mereka tetap menyebut, pembatalan pertandingan tidak akan menyelesaikan masalah atau membantu siapa saja.

Baca Juga: SoftBank dukung Indonesia jadi tuan rumah Olimpiade 2032 di ibu kota baru?

Penarikan Kanada akan menambah tekanan pada IOC untuk mengubah jadwal setelah kritik dari banyak atlet saat ini dan mantan atlet dengan masalah kesehatan.

Olimpiade tidak pernah ditunda atau dibatalkan selama masa damai tetapi keputusan IOC untuk mempertimbangkan penundaan disambut dengan bantuan dari beberapa pemangku kepentingan utama, termasuk Atletik Dunia, Komite Paralimpik Internasional (IPC) dan komite Olimpiade nasional utama.


Editor: Anna Suci Perwitasari


Terbaru