Garap Potensi Besar Bisnis Pacuan Kuda di Indonesia

Selasa, 23 Juli 2024 | 18:54 WIB   Reporter: Noverius Laoli
Garap Potensi Besar Bisnis Pacuan Kuda di Indonesia

Olahraga pacuan kuda di Indonesia mulai dilirik masyarakat dan memiliki potensi besar untuk berkembang menjadi cabang olahraga bergengsi.


OLAHRAGA -  JAKARTA. Olahraga pacuan kuda di Indonesia mulai dilirik masyarakat dan memiliki potensi besar untuk berkembang menjadi cabang olahraga bergengsi. Tidak hanya melestarikan warisan budaya, pacuan kuda juga memberikan kontribusi ekonomi dan sosial yang signifikan. 

Peluang ini ditangkap oleh Sarga.co, penyelenggara pacuan kuda profesional pertama di Indonesia.

CEO dan Founder Sarga.co, Aryo Djojohadikusumo, menyatakan bahwa potensi pacuan kuda di Indonesia, baik dalam bidang olahraga maupun gaya hidup, sangat besar. Kurangnya publikasi membuat olahraga ini kurang dikenal oleh masyarakat luas. 

“Sarga bercita-cita menjadikan pacuan kuda Indonesia sebagai sumber kebanggaan nasional dan masa depan yang menjanjikan, bekerja sama dengan Pordasi (Persatuan Olahraga Berkuda Seluruh Indonesia),” kata Aryo dalam keterangannya seperti dikutip, Selasa (23/7).

Baca Juga: Pajak Sigi Fasilitas Kantor Hingga Endorsement

Ekosistem pacuan kuda di Indonesia memiliki peluang besar namun juga tantangan. Meski pacuan kuda sudah lama ada sebagai warisan budaya, kurangnya perhatian serius menghambat perkembangannya.

Sarga.co berusaha membangun ekosistem yang lebih sehat dan bonafit, menggaet pecinta baru untuk memperkuat dan membangun ekosistem yang sejahtera dan profesional.

“Kami ingin menawarkan pengembangan 360 derajat, tidak hanya menyelenggarakan acara, tapi juga meningkatkan taraf hidup pihak terkait seperti joki dan pelatih. Kami ingin menawarkan hadiah yang lebih menarik dibandingkan acara pacuan kuda lainnya, sehingga mendukung kesejahteraan banyak pihak,” jelas Aryo.

Olahraga berkuda memiliki empat cabang di Indonesia: pacu kuda, equestrian, polo, dan horseback archery. Banyak yang menganggap olahraga berkuda hanya untuk kalangan atas, namun Sarga.co berupaya mematahkan anggapan ini, agar olahraga ini bisa dinikmati oleh semua kalangan.

Dengan beberapa kali penyelenggaraan acara oleh Sarga.co, minat masyarakat semakin besar. Berbagai acara dengan berbagai jenis dan tingkat ekonomi mulai banyak diselenggarakan di seluruh Indonesia. Respon positif masyarakat mendorong penerapan sistem yang lebih baik.

Baca Juga: Catat! Fasilitas Kantor Ini Kena Pajak Natura Mulai Juli 2023

Sarga.co mengakui bahwa awalnya acara mereka hanya dihadiri oleh 5.000 penonton, namun kemudian berkembang hingga lebih dari 26.000 penonton berkat dukungan berbagai pihak. Sarga.co menjalin kolaborasi dengan pemerintah, BUMN, industri swasta, dan komunitas di Indonesia.

Pada 28 Juli 2024, Sarga.co menyelenggarakan Kejuaraan Nasional Pacuan Kuda Seri 01 Indonesia Derby di Bantul, Yogyakarta. Pada tahun 2025, Sarga.co berencana menyelenggarakan lima acara baru dengan skala yang lebih besar dan berbagai inovasi, agar penonton dan peserta menikmati kebaruan dan keseruannya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Noverius Laoli

Terbaru