Garibaldi Thohir: Blusukan ke pameran waralaba

Kamis, 25 April 2013 | 08:15 WIB Sumber: Mingguan KONTAN, Edisi 22 - 28 April 2013
Garibaldi Thohir: Blusukan ke pameran waralaba

ILUSTRASI. Inilah deretan aplikasi yang paling banyak menguras baterai HP Anda, apa saja?


Hobi blusukan ternyata bukan hanya monopoli para politisi dan kepala daerah saja. Hobi serupa juga dilakoni oleh Garibaldi Thohir. Bedanya,  blusukan ala Presiden Direktur PT Adaro Energy Tbk ini bukan ke kampung-kampung, melainkan ke pameran waralaba.

Ada lagi keunikan gaya blusukan Boy, panggilan akrabnya. Bila sebagian politisi atau kepala daerah terang-terangan masuk-keluar kampung sambil diliput oleh wartawan, Boy malah menjalankan “operasi senyap”. Biasanya, pria berusia 47 tahun ini mendatangi pameran waralaba secara sembunyi-sembunyi. “Kadang saya pakai topi untuk menutupi wajah supaya tidak dikenali orang,” katanya.

Tujuannya mendatangi aneka pameran waralaba untuk melihat peluang usaha. Maklum, pria yang didapuk sebagai orang terkaya ke-28 di Indonesia versi majalah Forbes ini ingin memantau peluang usaha yang cocok dan sedang berkembang saat ini. “Usaha warabala menyimpan potensi besar karena Indonesia merupakan pasar terbesar di Asia Tenggara,” katanya.

Sayangnya, Boy yang telah memiliki beragam lini bisnis mulai dari tambang batubara, telekomunikasi, hingga toko buku ini belum menemukan waralaba yang cocok. Padahal, sudah ada beberapa tawaran waralaba yang menghampirinya. Contohnya, baru-baru ini, Boy didekati oleh jaringan waralaba makanan cepat saji terbesar asal Amerika Serikat, Panda Express. Toh, dia belum mau menyambut tawaran itu. “Baru penjajakan,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Catur Ari

Terbaru