kontan.co.id
| : WIB | INDIKATOR |

Gawat, akun WhatsApp bos perusahaan telekomunikasi Indonesia ini diretas


Sabtu, 15 September 2018 / 08:20 WIB

Gawat, akun WhatsApp bos perusahaan telekomunikasi Indonesia ini diretas
ILUSTRASI.


KONTAN.CO.ID - JAKARTA.  Pada Jumat (14/9) para petinggi beberapa perusahaan telekomunikasi terkejut menerima pesan WhatsApp aneh dari Danny Buldansyah, Wakil Direktur Utama Tri Indonesia. WhatsApp itu berbunyi permintaan uang sebesar Rp 5 juta dan akan segera diganti.

Tentu saja WhatsApp tersebut memang bukan dari Danny, melainkan dari orang tak bertanggungjawab alias peretas. "Ada yang hack WA account saya," kata Danny, kepada Kontan.co.id, Jumat (14/9) malam. Otomatis, si peretas itu masuk di grup WhatsApp yang Danny ikuti dan menjapri para anggota grup dengan modus meminjam uang. 

Menurut Danny yang pernah menjadi Direktur Media dan Public Relation Inasgoc - pelaksana Asian Games 2018- ponsel dan nomor masih berada di tangannya, tapi WA account dipindahkan ke nomor lain. Dan si peretas mendapat profil picture milik Danny. WhatsApp memang menyediakan fasilitas pergantian nomor di tautan https://faq.whatsapp.com/id/android/27585377/?category=5245246.

Kemungkinan peretas memanfaatkan fitur ini. Hanya saja sebagai pengaman, WhatsApp menyebutkan, pastikan bahwa nomor telepon lama Anda saat ini terverifikasikan di WhatsApp pada telepon Anda. Sementara seperti yang sudah Danny jelaskan, handset dan nomor telepon tetap berada di tangannya. Kasus ini masih dalam pengecekan pihak-pihak terkait.   


Reporter: Ahmad Febrian
Editor: Ahmad Febrian

Video Pilihan


Close [X]
×