Internet

Gawat, gara-gara bug LinkedIn sempat menyalin apapun yang diketik pengguna

Senin, 06 Juli 2020 | 11:03 WIB Sumber: The Verge
Gawat, gara-gara bug LinkedIn sempat menyalin apapun yang diketik pengguna

ILUSTRASI. Sempat alami bug, aplikasi Linkedin menyalin apapun yang diketik pengguna

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Dalam penggunaan aplikasi, privasi menjadi hal yang sangat penting. Apalagi jika hubungannya dengan data, pasti tidak mau data Anda tersebar ke pihak yang tidak diinginkan.

Baru-baru ini sebuah aplikasi profesional Linkedin mengalami kesalahan sehingga menyalin apapun yang diketik penggunanya. 

Melansir dari The Verge, salah seorang pengguna menemukan bug yang membuat aplikasi jejaring sosial pencari kerja Linkedin menyalin semua kata yang diketik dalam aplikasi notes bernama Bear.

 

Pengguna yang menemukan bug tersebut menggunakan gawai iPad Pro dengan iOS 14 yang berjalan. Dalam video yang diposting melalui Twitter, pengguna tersebut selalu menemukan notifikasi "Linkedin paste from Brear" setiap mengetik. 

Tak hanya itu, Ia juga menemukan notifikasi "Linkedin paste from another device". Ternyata setelah ditelusuri setiap mengetik di iPad Pro, notifikasi tersebut memberitahkuan bahwa telah menyalin clipboard yang bersumber dari Macbook Pro miliknya.

Ini tentu menjadi permasalahan yang cukup berbahaya karena dikhawatirkan apapun yang diketik pengguna secara otomatis diposting di Linkedin. 

Melalui akun Twitter resminya, pihak Linkedin yang diwakili oleh Erran Berger selaku VP Engineer.

"Apresiasi kami berikan kepada Anda yang telah menemukan bug ini. Kami mencoba menelusuri kode dengan melakukan pemeriksaan apakah yang disalin akan sama dengan yang muncul di Linkedin."

"Kami tidak menyimpan atau mengirimkan konten yang disalin pada clipboard". tambahnya seperti yang dicuitkan melalui Twitter.

Sejauh ini Linkendin sepertinya telah melakukan perbaikan mengenai bug tersebut dan telah merilis versi baru dari Linkedin di Appstore. Linkedin juga mengkonfirmasi bahwa tidak melakukan hal apapun seperti menyimpan maupun mengirim data yang disalin aplikasi Linkedin.

Editor: Arif Budianto


Terbaru