Gawat! Update macOS 12 Monterey membuat beberapa MacBook Intel lawas tewas

Rabu, 03 November 2021 | 09:20 WIB   Penulis: Arif Budianto
Gawat! Update macOS 12 Monterey membuat beberapa MacBook Intel lawas tewas

ILUSTRASI. Gawat! Update macOS 12 Monterey membuat beberapa MacBook Intel lawas tewas


APPLE - Gawat! Update macOS 12 Monterey membuat beberapa MacBook Intel lawas tewas. Beberapa pengguna MacBook Intel lawas mengalami permasalahan hingga membuat perangkat tersebut tidak dapat menyala kembali stelah update macOS 12 Monterey.

Apple telah merilis macOS 12 Monterey per tanggal 25 Oktober 2021 lalu. Sistem operasi (OS) terbaru untuk perangkat Apple, seperti MacBook, iMac, dan Mac Mini ini telah menginjak versi yang ke-12 yakni Monterey.

Menghadirkan beragam peningkatan dan fitur, macOS Monterey berjalan dengan baik di beberapa perangkat Apple keluaran terbaru yang menggunakan chip M1. Seperti MacBook Pro M1, MacBook Air M1, hingga MacBook terbarunya yangmenggunakan M1 Pro dan M1 Max.

Sayangya, beberapa pengguna yang menggunakan MacBook atau perangkat Apple versi lawas berbasis Intel mengalami permasalahan setelah update ke Monterey.

Baca Juga: Cara download video YouTube paling simpel lewat situs Savefrom.net, pemula juga bisa!

macOS Monterey

Hal serupa juga terjadi ketika transisi update macOS versi 10 ke 11 Big Sur yang menyebabkan permasalahan di beberapa MacBook lama. Kembali terulang di macOS Monterey, beberapa user iMac, MacBook Air, dan MacBook Pro dilaporkan perangkat tersebut tidak dapat digunakan setelah menginstal OS baru.

Baca Juga: Apakah WhatsApp lenyap dari HP Anda bulan November? Berikut cara cek versi Android

Mengutip dari Notebookcheck, beberapa user tersebut menceritakan permasalahannya lewat Reddit, Twitter hingga situs resmi dukungan Apple. Tidak hanya perangkat lawas, konon permasalahan serupa ini juga mempengaruhi perangkat yang dirilis pada tahun 2015 hingga model tahun lalu.

 

Hanya perangkat Apple yang berbasis M1 atau Apple Silicon lah yang tidak mendapatkan permasalahan tersebut.

Namun demikian, pihak dukungan Apple telah memberikan solusi untuk permasalahan tersebut. Singkatnya, Apple mengusulkan untuk mengatur ulang firmware pada chip keamanan perangkat yang mengalami permasalahan tersebut.

Namun syarat untuk melakukan cara tersebut, pengguna harus memiliki Mac lain untuk menjalankan macOS versi 10.15.6 atau lebih dengan Apple Configurator 2 yang telah terinstal. Perlu menjadi catatan, solusi Apple ini hanya berfungsi pada perangkat yang memiliki Chip Kemanan T2.

Oleh karena itu, ini tidak akan berfungsi pada perangkat yang dirilis pada tahun 2015 atau 2016.

Bila Anda pengguna MacBook atau perangkat lawas yang berbasis Intel, sepertinya harus berpikir kembali untuk melakukan update ke macOS Monterey. Ada baiknya menunggu hingga Apple merilis update macOS Monterey versi 12.1, meskipun belum diketahui kapan dirilis untuk publik.

Kecuali, bila Anda menggunakan perangkat Mac berbasis M1, silahkan update ke Monterey saat ini juga.

Selanjutnya: Wajib dihapus! 151 Aplikasi Android menyedot uang penggunanya tanpa sepengetahuan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Arif Budianto

Terbaru