Gaya liburan Ferry Koswara bersama pitbull kesayangan

Minggu, 07 April 2019 | 08:00 WIB   Reporter: Nina Dwiantika
Gaya liburan Ferry Koswara bersama pitbull kesayangan


TOKOH - Pitbull dikenal sebagai anjing gahar. Tapi, itu sama sekali tidak berlaku bagi Ferry Koswara. Direktur Operasional PT Bank of India Indonesia ini memelihara pitbull lantaran anjing ras ini justru dinilai paling setia kepada pemiliknya.

Selain setia, Ferry mengungkapkan, pitbull merupakan anjing peliharaan yang asyik, tidak rewel, manja, dan memiliki mental stabil. “Bahkan, rela adu nyawa untuk bela pemilik,” kata pria 49 tahun ini yang sejak kecil menyukai anjing.

Ferry memiliki tiga ekor pitbull. Salah satunya belum lama ini melahirkan tujuh ekor anak. Selain itu, dia memelihara anjing ras lain yakni pomeranian dan bull terrier.

Ada cara tersendiri bagi jebolan Universitas Parahyangan, Bandung, ini untuk melatih pitbull peliharaannya menjadi anjing yang bersahabat. Yaitu, dengan sering mengajak pitbull pelesiran ke pantai dan gunung untuk bersosialisasi.

Bahkan, Ferry suka mengajak pitbull miliknya mancing ke tengah laut. Hasilnya, ketiga anjingnya selalu bersikap manis dan tidak mengganggu orang lain. Sebab, pitbull peliharaannya sudah terbiasa menikmati alam dan bersosialisasi.

Setidaknya, satu bulan sekali Ferry mengajak pitbull kepunyaannya jalan-jalan ke luar kota. Misalnya, ke Ujung Genteng (Sukabumi) dan Pangandaran. “Harus rutin diajak jalan-jalan dan sering dibilangin tidak boleh galak,” kata dia.

Tentu, Ferry tidak lupa mengenakan tali tuntun atawa leash ke pitbull miliknya. Ketika jalan bareng, posisinya selalu di depan anjing, bukan sebaliknya.

Ini merupakan salah satu cara mengajari kepatuhan kepada ketiga pitbul peliharaannya. “Saya juga selalu membawa kantong plastik dan tisu untuk membawa kotoran anjing jika mereka buang air besar,” ujarnya.

Selama di rumah, Ferry juga memperlakukan anjing-anjingnya dengan kasih sayang. Ia tidak mengikat atau mengurung terlalu lama, karena bisa membuat anjing stres.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: S.S. Kurniawan

Terbaru