Tokoh

Gencarkan solar panel

Jumat, 28 Juni 2019 | 17:49 WIB   Reporter: Fransiska Firlana
Gencarkan solar panel

KONTAN.CO.ID - Sebagai bagian dari kaum milenial, energi Jan Bastian Sunaryanto untuk mengembangkan minatnya sangat besar. Selain sibuk mengemban tugas mengembangkan bisnis Investindo Group, anak usaha dari PT Adi Sarana Armada Tbk (ASSA), lelaki kelahiran Jakarta 16 Mei 1994 ini juga sibuk mengembangkan bisnis lain di luar ASSA.

Sejak tiga tahun lalu, Jan bergabung ke perusahaan produsen solar panel. Namanya SolarNation. Saya memang senang dengan hal yang berbau energi. Dengan kita yang tinggal di khatulistiwa ini, sangat potensial mengembangkan solar panel, jelas Direktur Investindo Group itu.

Jan yang punya pengalaman kerja di Tesla ini berharap masyarakat semakin sadar untuk memanfaatkan konversi cahaya matahari menjadi listrik. Sekarang, banyak institusi, baik itu BUMN atau lembaga negara, mulai memasang solar panel, ujar lelaki berkaca mata yang juga direktur di SolarNation itu.

Nah, terkait dengan solar panel juga, pada liburan Lebaran lalu, Jan banyak naik mass rapid transit (MRT) dari satu stasiun ke stasiun. Sebelumnya pernah naik, tapi belum semua stasiun terlewati, tuturnya. Niatnya naik MRT bukan sekadar ingin menikmati moda transportasi baru ketika ibukota sedang longgar. Tapi, ia juga sedang menggarap pemasangan solar panel di beberapa stasiun MRT.

Naik angkutan umum seperti MRT adalah hal biasa bagi Jan. Soalnya, di luar kesibukan bekerja, ia juga sangat hobi traveling dengan angkutan umum. Bulan Juli nanti, misalnya, ia akan liburan ke Bali dan Jepang. Kalau ke Jepang, saya liburan sekalian bicara bisnis dengan klien, katanya.

Selain traveling, sarjana teknik mesin dari Universitas Purdue, Amerika Serikat ini ternyata juga hobi hiking. Setidaknya, ia sudah menjelajah enam gunung. Terakhir, pada Februari lalu, Jan hiking ke Gunung Gede.


Editor: Fransiska Firlana


Terbaru