Google Chrome Tinggalkan Dukungan OS Windows 7, 8 dan 8.1 Mulai Tahun 2023

Kamis, 27 Oktober 2022 | 10:44 WIB Sumber: Gizchina
Google Chrome Tinggalkan Dukungan OS Windows 7, 8 dan 8.1 Mulai Tahun 2023

ILUSTRASI. Google Chrome Tinggalkan Dukungan OS Windows 7, 8 dan 8.1 Mulai Tahun 2023


KONTAN.CO.ID - Google Chrome bakal tinggalkan dukungan OS Windows 7, Windows 8 dan Windows 8.1 mulai tahun 2023 mendatang. Ini merupakan langkah Google yang sejalan dengan Microsoft, di mana mereka tak lagi memberikan update Google Chrome yang berjalan di kedua OS tersebut.

Kabar yang kurang mengenakan datang dari salah satu aplikasi browser yang begitu populer, Google Chrome. Siapa yang tidak mengenal browser yang satu ini?

Browser besutan raksasa teknologi Google ini baru-baru ini mengumumkan bahwa mereka tidak lagi memberikan dukungan untuk Chrome yang berjalan di OS Windows 7, Windows 8 dan Windows 8.1.

Dilansir dari Gizchina (27/10/2022), Google mengumumkan bahwa pada 7 Februari 2023, Google Chrome tidak lagi mendapatkan dukungan untuk ketiga OS Windows yang sudah cukup tua tersebut. Tanggal tersebut tidak jauh dari langkah Microsoft yang juga menghentikan dukungan untuk Windows  7 dan Windows 8.1.

Baca Juga: Cara Download WhatsApp (WA) Update Apk Terbaru di HP Android dan Link Resmi

GOOGLE CHROMEBOOK

Dengan berakhirnya dukungan Google Chrome untuk Windows 7, 8 dan 8.1 ini, bukan berarti aplikasi tersebut tidak dapat digunakan. Hanya saja, Google Chrome yang berjalan di OS tersebut juga berjalan tanpa adanya pembaruan atau update selanjutnya.

Meski demikian, hal tersebut tidak dianjurkan untuk terus menggunakan browser tersebut ketika tidak mendapatkan update terbaru. Karena ditakutkan adanya celah keamanan yang mungkin dimanfaatkan oleh pihak tidak bertanggung jawab atau bahkan hacker.

Bagaimana nasib pengguna yang ingin terus menggunakan browser Google Chrome ini?

Satu-satunya cara supaya Anda dapat menggunakan Google Chrome dan mendapatkan update serta dukungan terbaru, mau tidak mau harus menggunakan OS yang terbaru.

Bila Anda mungkin sebelumnya menggunakan laptop atau komputer berbasis OS Windows 7, 8 atau 8.1, segeralah bersiap siap untuk migrasi ke Windows 10.

Baca Juga: Link Download WhatsApp Update Terbaru Oktober 2022 untuk HP Android dan iPhone

Sekedar tambahan informasi, ini bukanlah pertama kalinya Google menghentikan dukungan aplikasi browser-nya di OS Windows. Sebelumnya Google juga telah mematikan Google Chrome di OS Windows XP yang jauh lebih jadul dari Windows 7, 8 atau 8.1.

Apablia spesifikasi laptop atau komputer Anda mungkin masih kurang memadai untuk menjalankan Windows 10, mungkin dapat mencoba beberapa alternatif aplikasi browser lainnya di Windows 7, 8 dan 8.1.

Bagaimana menurut Anda? Apakah Anda termasuk pengguna setia Google Chrome? Atau sudah lama berpindah menggunakan aplikasi browser yang lainnya?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Arif Budianto

Terbaru