Google Drive for Desktop akan segera rilis, bakal gantikan Backup and Sync

Selasa, 13 Juli 2021 | 11:15 WIB   Penulis: Arif Budianto
Google Drive for Desktop akan segera rilis, bakal gantikan Backup and Sync

ILUSTRASI. Google Drive for Desktop akan segera rilis, bakal gantikan Backup and Sync


GOOGLE - Google akan segera merilis aplikasi Google Drive for Desktop dalam waktu dekat. Aplikasi Google Drive for Desktop ini akan menggantikan aplikasi serupa yang rilis sebelumnya bernama Backup and Sync.

Google Drive merupakan salah satu layanan penyimpanan berbasis cloud yang dirilis oleh Google. Anda bisa mencadangkan berbagai macam file yang Anda inginkan, seperti foto, video, dokumen atau file penting lainnya lewat Google Drive.

Dengan demikian, apabila laptop atau komputer Anda sedang bermasalah, file penting yang tersimpan di Google Drive masih bisa diakses kapan saja dan dimana saja.

Saat ini untuk mengakses Google Drive di laptop atau komputer, Anda perlu membuka browser untuk menuju situs atau website Google Drive. Namun demikian, Google juga menyediakan aplikasi bernama Backup and Sync yang bisa Anda pasang di laptop atau komputer.

Lewat aplikasi ini, Anda bisa backup atau sekedar ingin upload file ke Google Drive tanpa harus mengunjungi website-nya. Aplikasi Backup and Sync juga memiliki fitur yang bisa melakukan pencadangan secara otomatis yang bisa Anda atur sesuka hati.

Google Drive for Desktop

Berbicara tentang Backup and Sync, baru-baru ini (12/7/2021) Google mengumumkan lewat blog resminya akan melakukan transisi aplikasi Backup and Sync ke Goole Drive for Desktop. Benar sekali, kasarnya, aplikasi tersebut bakal berubah menjadi Google Drive for Dekstop. Aplikasi Google Drive for Desktop ini akan tersedia untuk pengguna Windows maupun Mac.

Dengan diumumkannya Google Drive for Dekstop, Google juga akan mengistirahatkan aplikasi Backup and Sync. Bagi pengguna yang masih menggunakan aplikasi Backup and Sync nantinya akan mendapatkan notifikasi secara bertahap untuk beralih ke Google Drive for Desktop.

Lalu kapan Google mulai melakukan transisi Backup and Sync ke Google Drive for Desktop? Berikut tanggal yang perlu diperhatikan:

  • Mulai 19 Juli 2021: Aplikasi Backup and Sync akan mendukung alur terpandu untuk membantu transisi pengguna ke Google Drive for Desktop.
  • Mulai 18 Agustus 2021: Semua pengguna yang masih menggunakan Backup and Sync akan menerima notifikasi untuk beralih ke Google Drive for Desktop.
  • Mulai 1 Oktober 2021: Semua pengguna yang masih menggunakan Backup and Sync setelah periode tersebut tidak dapat masuk ke aplikasi tersebut. Untuk melanjutkan sinkronisasi ke Google Drive atau Google Foto, pengguna harus beralih ke Google Drive for Desktop.

Catat tanggalnya baik-baik apabila Anda masih ingin menggunakna layanan Google tersebut. Lebih tepatnya aplikasi yang terpasang di desktop ini (Windows atau Mac).

Selanjutnya: Ada yang baru di Google Meet! Video call makin seru, filter dan efek baru telah hadir

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Arif Budianto

Terbaru