Gadget

Google hentikan dukungan untuk aplikasi Chrome pada Juni mendatang

Sabtu, 18 Januari 2020 | 20:12 WIB Sumber: Kompas.com
Google hentikan dukungan untuk aplikasi Chrome pada Juni mendatang

ILUSTRASI. An illuminated Google logo is seen inside an office building in Zurich, Switzerland December 5, 2018. Picture taken with a fisheye lens. REUTERS/Arnd Wiegmann

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pada 2016 lalu, Google mengatakan akan menghentikan dukungan aplikasi Chrome (Chrome Apps) secara perlahan. Kali ini, Google memastikan tanggal akhir dukungan untuk aplikasi-aplikasi tersebut.

Dukungan untuk aplikasi-aplikasi pada Chrome akan dihentikan bulan Juni 2020 mendatang. Penghentian ini pun akan dilakukan secara bertahap mulai bulan Maret 2020.

Penghentian dukungan untuk aplikasi Chrome ini disebabkan karena minimnya jumlah pengguna. Tercatat hanya sekitar 1% dari pengguna Chrome yang menggunakan layanan-layanan tersebut.

Baca Juga: Wow, Google jadi perusahaan keempat di AS yang mencapai nilai pasar US$ 1 triliun

Aplikasi Chrome merupakan aplikasi yang dibuat berbasis web yang dapat digunakan pada browser Google Chrome. Aplikasi Chrome dapat diunduh dan dipasang melalui Chrome Web Store.

Ada beragam aplikasi yang bisa diunduh di sana yang bisa menunjang produktivitas pengguna. Dikutip KompasTekno dari The Verge, Sabtu (18/1), aplikasi Chrome yang sudah terlanjur terpasang, hanya akan menjadi tombol jalan pintas untuk menuju web resmi dari aplikasi tersebut.

Baca Juga: Microsoft meluncurkan browser terbaru menggantikan Edge

Berikut adalah rincian jadwal penghentian dukungan aplikasi Chrome secara bertahap:

Maret 2020: Chrome Web Store tak akan menerima aplikasi Chrome baru. Pengembang tetap akan memberikan pembaharuan pada aplikasi Chrome apps yang sebelumnya telah dipasang hingga Juni 2022.

Juni 2020: Berakhirnya dukungan untuk aplikasi Chrome pada Windows, Mac dan Linux. Khusus pelanggan yang memiliki layanan Chrome Enterprise dan Chrome Education Upgrade tetap akan mendapat akses dan pembaruan hingga Desember 2020.

Desember 2020: Berakhirnya dukungan untuk Chrome Apps pada Windows, Mac dan Linux.

Juni 2021: Berakhirnya dukungan NaCl, PNaCl, dan PPAPI APIs pada Chrome Apps.

Juni 2021: Berakhirnya dukungan untuk Chrome Apps pada Chrome OS. Pelanggan yang memiliki akses Chrome Enterprise dan Chrome Education Upgrade akan mendapat masa perpanjangan hingga Desember 2022

Juni 2022: Berakhirnya dukungan untuk semua pengguna Chrome Apps pada Chrome OS. (Kevin Rizky Pratama)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul Google Hentikan Dukungan untuk Chrome Apps Juni Mendatang.


Editor: Wahyu Rahmawati

Dukungan dari Anda akan menambah semangat kami dalam menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat seperti ini.

Jika berkenan, silakan manfaatkan fasilitas donasi berikut ini.

gopay


Terbaru