kontan.co.id
| : WIB | INDIKATOR |

Google Translate - fitur-fitur ini mungkin belum seluruhnya Anda ketahui


Sabtu, 29 Juni 2019 / 07:41 WIB

Google Translate - fitur-fitur ini mungkin belum seluruhnya Anda ketahui

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Google Translate, salah satu aplikasi andalan Google, bisa dipasang di smartphone untuk membantu Anda menerjemahkan kata antara bahasa. Anda bisa menerjemahkan bahasa dan tulisan dari satu kata asing ke bahasa Indonesia, dan sebaliknya.

Bila Anda termasuk yang sering merasa kesulitan memahami kalimat saat mengobrol dengan orang asing, Google Translate membantu penggunanya menerjemahkan kata dalam berbagai bahasa.


Anda bisa menerjemahkan kalimat dari bahasa Jepang ke bahasa Inggris. Atau, Anda dapat menerjemahkan isi percakapan berbahasa Inggris ke bahasa Indonesia.

Selain mudah diakses melalui komputer meja (dekstop), Google Translate bisa digunakan melalui gawai genggam, termasuk ponsel pintar (smartphone).

Untuk Anda yang belum mengetahui cara pengoperasiannya. Anda simak ulasan di bawah ini. Karena, KONTAN akan memandu Anda untuk menggunakan Google Translate melalui ponsel pintar.   

1. Instal apps Google Translate dari Play Store (android) atau App Store (iOS) dengan prosedur seperti biasanya.

2. Pastikan Google Translate sudah terpasang di ponsel dengan benar. 

3. Buka aplikasi Google Translate yang sudah terpasang. Anda bisa langsung menggunakannya selama ponsel terhubung dengan internet. Bila tidak terhubung dengan internet, Google Translate tidak dapat bekerja.

4. Google Translate menyediakan empat cara untuk menuliskan kata dan kalimat yang ingin Anda terjemahkan.

  • Pertama, Anda dapat menerjemahkan kalimat hanya dengan memotretnya. Caranya, Anda atur bahasa yang diinginkan di kolom bahasa. Kemudian, Anda ketuk ikon kamera yang berada di bawah kolom pilihan bahasa. Setelah itu Anda foto kalimat yang ingin diterjemahkan. Google Translate akan mulai memproses kalimat yang Anda potret. Google Translate akan memberikan tanda kotak pada setiap kata yang Anda foto. Anda cuma perlu mengetuk kotak-kotak tersebut satu per satu untuk mengetahui arti dari kata yang tertera di dalam foto.
  • Kedua, Anda dapat menuliskan kata atau kalimat yang ingin diterjemahkan. Caranya, Anda atur bahasa yang diperlukan di kolom bahasa. Kemudian, Anda ketuk ikon pena. Setelah itu Anda bisa mulai menuliskan kata atau kalimat yang ingin terjemahkan.
  • Ketiga, Anda dapat menerjemahkan percakapan yang sedang berlangsung. Caranya, Anda ketuk ikon dua mikrofon. Google Translate siap menerjemahkan secara otomatis percakapan yang sedang berlangsung.
  • Keempat, Anda bisa mengucapkan kalimat atau kata yang ingin diterjemahkan. Caranya, Anda atur bahasa yang diinginkan. Anda ketuk ikon mikrofon kemudian ucapkan kata atau kalimat yang ingin diterjemahkan.

Oh, iya, Anda bisa tetap menggunakan Google Translate ketika tidak bisa terhubung dengan internet, tetapi Anda harus mempersiapkannya terlebih dulu. Anda harus mengunduh bahasa-bahasa yang ingin Anda gunakan.

Untuk mengunduhnya, Anda buka aplikasi Google Translate yang sudah terpasang di ponsel. Kemudian, Anda ketuk kolom pilihan bahasa. Anda akan melihat banyak pilihan bahasa, silakan pilih bahasa yang ingin Anda download.

Setelah proses pengunduhan selesai, Google Translate tetap dapat Anda gunakan meski ponsel sedang offline.


Reporter: Tri Sulistiowati
Editor: Tri
Video Pilihan

Hubungi Kami
Redaksi : Gedung KONTAN,
Jalan Kebayoran Lama No. 1119 Jakarta 12210.
021 5357636/5328134
moderator[at]kontan.co.id
Epaper[at]kontan.co.id
Iklan : Gedung KOMPAS GRAMEDIA Unit 2
Lt 2 Jl. Palmerah selatan 22-28
Jakarta Selatan 10740.
021 53679909/5483008 ext 7304,7306
2019 © Kontan.co.id All rights reserved
Sitemap | Profile | Term of Use | Pedoman Pemberitaan Media Siber | Privacy Policy

diagnostic_api_kiri = 0.0003 || diagnostic_api_kanan = 0.0003 || diagnostic_web = 0.1844

Close [X]
×