Hai milenial, ini tiga hal yang perlu diperhatikan jika mau pensiun dini

Rabu, 13 November 2019 | 11:51 WIB Sumber: Kompas.com
Hai milenial, ini tiga hal yang perlu diperhatikan jika mau pensiun dini

ILUSTRASI. ilustrasi pensiun dini. KONTAN/Muradi/3/8/2017


EDUKASI FINANSIAL - JAKARTA. Bagi Anda seorang milenial, mungkin kata-kata pensiun masih jauh dari pemikiran Anda. Sebab pada saat ini, milenial cenderung sedang menata kehidupan karier dan keluarganya. 

Namun bukan tidak mungkin Anda bisa melakukan pensiun dini, bahkan di usia 37 tahun dengan nominal tabungan yang mecukupi. Mengutip CNBC, Rabu (13/11) beberapa hal yang bisa dilakukan untuk menghemat pengeluaran Anda jika ingin pensiun dini tidaklah sulit. 

Baca Juga: Tingkatkan ekonomi syariah, BI dorong pembentukan holding pesantren

Anda hanya perlu mengelola pengeluaran Anda dengan fokus pada tiga hal termasuk rumah, transportasi dan makanan. Berikut tiga hal yang perlu Anda perhatikan jika ingin menghemat pengeluaran Anda agar bisa pensiun dini: 

1. Rumah 

Rumah adalah tempat terpenting Anda untuk melanjutkan hidup setelah memutuskan pensiun dini. Rumah selain digunakan untuk tempat tinggal, juga bisa untuk investasi yang menjanjikan. Kepemilikan rumah mungkin bisa Anda lakukan dengan KPR atau Kredit Pemilikan Rumah dalam tenor yang singkat. 

Namun, untuk mendapatkan tenor yang singkat dengan harga yang ramah kantong, pastinya tidak berada di tengah perkotaan. Carilah kawasan-kawasan yang sedikit pinggiran kota namun dekat daengan akses transportasi dan fasilitas lainnya. 

Baca Juga: Ngopi di kalangan milenial: Di antara tren, kemudahan dan cashback

2. Transportasi 

Biaya transportasi memang tidak bisa dikesampingkan baik bagi Anda pemilik kendaraan pribadi maupun pengguna angkutan umum. Menggunakan kendaraan pribadi memang lebih menghemat, namun jika Anda berada kota besar, kendaraan pribadi hanya menyumbang kemacetan. 

Menurut Sean seorang blogger My Money Wizard, memiliki mobil dengan ukuran agak besar dapat memudahkan penghematan Anda. Jika Anda tinggal di daerah di mana transportasi umum merupakan pilihan, pertimbangkan untuk menggunakannya beberapa hari saja dalam sepekan. 

Baca Juga: Promosi laktasi di tempat kerja harus dianggap investasi

3. Makanan 

Memasak makanan sendiri adalah hal yang bisa dilakukan untuk menghemat pengeluaran biaya makan sehari-hari. Hal ini mengingat jika Anda memesan makanan melalui online atau datang langsung ke restoran maka akan ada biaya-biaya yang membuat pengeluaran Anda semakin melonjak. 

Pada dasarnya memanfaatkan teknologi pengantar makanan online mamang sangat efektif dan menguargi tenaga Anda untuk mengantre. Namun ketika Anda dihadapkan pada tujuan berhemat, maka menggunakan teknologi pengantar makanan online tidak direkomendasikan. (Kiki Safitri)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Catat! 3 Pengeluaran Penting Bagi Milenial yang Mau Pensiun Dini"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Handoyo .

Terbaru