Handaka Santosa bakar kalori di mal

Sabtu, 13 Juli 2019 | 14:00 WIB   Reporter: Nina Dwiantika
Handaka Santosa bakar kalori di mal


TOKOH - Sejak menjabat Presiden Direktur PT Panen Lestari Internusa, Handaka Santosa mencoret dulu kegiatan bermain golf dengan kolega dari jadwal akhir pekannya. Dia lebih pilih menyambangi mal setiap Sabtu dan Minggu.

Kunjungannya dari satu mal ke mal lain bukan untuk belanja, ya. Tapi, untuk bekerja sekaligus memantau pengunjung pusat perbelanjaan.

Maklum, Handaka menakhodai perusahaan yang mengelola jaringan Sogo juga Seibu. Dan, mal lebih padat pengunjung di akhir pekan dibandingkan dengan hari biasa.

Lelaki kelahiran Solo, 20 April 1956, ini tidak ingin Sogo dan Seibu hanya memajang produk. Ia mendorong setiap gerai melakukan demo. Misalnya, outlet penjual alat memasak harus mempromosikan barang lewat demo masak.

Biar lebih efektif, Handaka membuat grup di aplikasi pesan instan WhatsApp yang berisi manajer setiap gerai. Setiap manajer harus melaporkan demo apa yang mereka tampilkan. “Makanya, saya suka ke mal untuk melihat demo itu secara langsung,” kata alumni Universitas Diponegoro, Semarang, ini.

Yang tidak kalah penting, dengan rajin datang ke mal, selain mempererat komunikasi dengan para karyawan, Handaka juga bisa mengetahui antusiasme pengunjung Sogo dan Seibu.

Sesekali Handaka tidak datang sendiri ke mal. Ia mengajak serta sang istri untuk menemaninya mengunjungi gerai-gerai ritel di bawah bendera Panen Lestari Internusa tersebut.

Tentu, kunjungan ke gerai tidak hanya di Jakarta dan sekitarnya. Sebab, gerai Sogo dan Seibu juga bercokol di luar kota dan terus ekspansi ke daerah. Dan, “Jalan-jalan di mal juga hitung-hitung bakar kalori lewat jalan kaki,” kata Handaka.

Sebagai penganti bermain golf, ya, Pak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: S.S. Kurniawan

Terbaru