Hapus sekarang juga! Ini 9 aplikasi Android yang bisa mencuri password FB

Senin, 05 Juli 2021 | 16:13 WIB   Penulis: Arif Budianto
Hapus sekarang juga! Ini 9 aplikasi Android yang bisa mencuri password FB


APLIKASI ANDROID - Duh! 9 Aplikasi Android ini bisa mencuri password FB (Facebook) Anda. Segera hapus sekarang juga aplikasi tersebut di HP Android Anda, berikut daftarnya.

Seperti yang kita ketahui, beragam aplikasi bisa Anda temukan di Google Play Store. Meskipun begitu, tidak semua aplikasi yang terdapat di Play Store aman.

Tidak sedikit aplikasi di Play Store yang patut diwaspadai karena bisa mencuri data-data pribadi termasuk akun sosial media yang Anda gunakan.

Berbicara tentang aplikasi Android, belum lama ini ditemukan 9 aplikasi yang bisa mencuri password akun FB.

Mengutip dari ArsTechnica, salah satu perusahaan yang bergerak di bidang keamanan, Dr. Web melaporkan 9 aplikasi yang bisa mencuri password FB penggunanya. Dr. Web sebenarnya telah menemukan 10 aplikasi yang diketahui disusupi trojan, namun hanya 9 aplikasi yang terdapat di Play Store.

Beberapa aplikasi tersebut termasuk edit foto, horoskop, penghapus file dan masih banyak lagi. Cara kerja dari aplikasi tersebut mencuri data penggunanya yakni dengan cara melakukan login lewat FB. 

Beberapa aplikasi tersebut menghasukan penggunanya login lewat Facebook, sederhananya, halaman login FB yang muncul akan mencatata username dan password. Setelah berhasil masuk, inilah saatnya si virus trojan beraksi.

Aplikasi yang telah disisipi virus trojan tersebut akan mencuri cookie yang berisi informasi mengenai username dan password FB pengguna. Si trojan di Android ini akan mengirimkan cookie yang berisi username dan password FB tersebut ke oknum atau penjahat dunia maya.

Pada dasarnya, halaman Facebook yang muncul di aplikasi tersebut merupakan palsu alias phising. Tidak heran, trojan di Android tersebut dapat dengan mudah mencuri informasi penting, termasuk akun FB penggunanya.

Baca Juga: Sudah tahu belum? Inilah ciri-ciri nomor WhatsApp yang sudah diblokir seseorang

9 Aplikasi yang diduga disisipi trojan di Android ini kemungkinan telah dihapus dari Play Store. Namun, apabila Anda terlanjur memasangnya di smartphone, segera hapus beberapa aplikasi tersebut. Berikut daftarnya:

Ilustrasi keamanan android

  • Processing Photo
  • App Lock Keep
  • Rubbish Cleaner
  • Horoscope Daily
  • Horoscpe Pi
  • App Lock Manager
  • Lockit Master
  • Inwell Fitness
  • PiP Photo

Apabila Anda menemukan salah satu dari beberapa aplikasi di atas, hapus sekarang juga! Hal ini supaya menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, terutama keamanan akun FB Anda.

Selanjutnya: Video TikTok bakal berdurasi lebih panjang hingga 3 menit, makin betah main

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Arif Budianto

Terbaru