CLOSE [X]

Harga 5 Mobil Listrik di Indonesia Tak Sampai Rp 1 Miliar pada Tengah Tahun 2023

Kamis, 08 Juni 2023 | 10:25 WIB   Penulis: Bimo Kresnomurti
Harga 5 Mobil Listrik di Indonesia Tak Sampai Rp 1 Miliar pada Tengah Tahun 2023

ILUSTRASI. 5 Harga Mobil Listrik di Indonesia Tak Sampai Rp 1 Miliar pada Tengah Tahun 2023./pho KONTAN/Carolus Agus Waluyo/18/05/2023.


MOBIL LISTRIK - JAKARTA. Periksa harga mobil listrik berikut jelang tengah tahun 2023 di bawah Rp1 miliar. Adapun, mobil listrik identik dengan harganya yang premium atau di atas rata-rata.

Mobil listrik murah yang beredar di Indonesia dimulai dengan yang termurah Rp 250 jutaan untuk diler di wilayah Jakarta.

Keuntungan penggunaan mobil listrik diklaim ramah lingkungan dan lebih hemat dari mobil dengan bahan bakar bensin maupun diesel.

Para pencari harga mobil listrik murah hanya perlu mempertimbangkan varian tertentu soal baterai, jarak tempuh, hingga layanan pasca pembelian.

Baca Juga: Ini Mobil Bekas yang Harganya Anjlok Saat Dijual Kembali, Apa Saja?

Perencanaan sebelum membeli mobil listrik

Sebelum membeli mobil listrik di Indonesia, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan. Berikut adalah beberapa faktor yang perlu Anda perhatikan:

  • Infrastruktur Pengisian: Pastikan Anda mengevaluasi ketersediaan dan aksesibilitas infrastruktur pengisian mobil listrik di daerah Anda. Periksa apakah ada stasiun pengisian listrik publik di sekitar tempat tinggal Anda, di tempat kerja, atau di rute perjalanan yang sering Anda lalui.
  • Jarak Tempuh dan Kebutuhan Perjalanan: Pertimbangkan jarak tempuh harian Anda dan pastikan mobil listrik yang Anda pilih dapat memenuhi kebutuhan tersebut dengan daya tahan baterai yang cukup. Jika Anda sering melakukan perjalanan jauh, pastikan ada opsi pengisian ulang yang tersedia di sepanjang rute perjalanan Anda atau pertimbangkan mobilitas lain untuk perjalanan yang lebih panjang.
  • Harga dan Biaya Operasional: Periksa harga mobil listrik yang ingin Anda beli dan bandingkan dengan mobil berbahan bakar konvensional. Mobil listrik biasanya memiliki harga pembelian yang lebih tinggi, tetapi biaya operasional dan pemeliharaan yang lebih rendah dalam jangka panjang. Pertimbangkan juga insentif atau subsidi yang mungkin tersedia untuk mobil listrik di wilayah Anda.
  • Pilihan Model dan Fitur: Teliti berbagai model mobil listrik yang tersedia di pasar dan pilih yang sesuai dengan kebutuhan dan preferensi Anda. Periksa fitur-fitur seperti kinerja, kenyamanan, keamanan, dan teknologi yang ditawarkan.
  • Pemeliharaan dan Layanan: Periksa ketersediaan pusat layanan resmi untuk mobil listrik di dekat Anda. Pastikan ada fasilitas perbaikan dan teknisi yang terlatih untuk memelihara dan memperbaiki mobil listrik.

Periksa harga mobil listrik murah yang sudah beredar di Indonesia per jelang tengah tahun 2023.

Baca Juga: Harga Mobil Bekas Toyota Alphard Lawas di Pertengahan Tahun 2023, Masih Layak?

Harga mobil listrik di Indonesia di bawah Rp1 miliar

1. Wuling Air EV

Harga mobil listrik Wuling Air EV

Saat ini varian termurah dari daftar harga mobil listrik adalah Wuling Air EV yakni mulai dari Rp 243.000.000 atau naik Rp 5 jutaan dari tahun 2022.

Interior dari Wuling ini cukup canggih dengan layar 10.25" Integrated Floating Widescreen, Smart Start System, dan Futuristic Center Console.

Sedangkan, sisi kelistrikan dari Wuling ini sudah dilengkapi dengan IP67 Waterproof Battery dan fitur Easy Home Charging System.

Untuk varian tertinggi, mobil listrik ini sudah dilengkapi dengan keamanan mulai 2 Airbags dan Roomy 4-Seater.

Mobil listrik ini punya 3 tipe yang disesuaikan dengan kebutuhan jarak atau range dan baterai. Sementara itu varian termahal dari Wuling Air EV adalah Rp 299.000.000.

2. DFSK Gelora E

Harga mobil listrik DFSK Gelora E

DFSK Gelora E merupakan mobil listrik murah di Indonesia saat ini dengan banderol Rp 350 jutaan saja. Sementara untuk varian lain seperti DFSK Gelora E Mini Bus dari Rp 400 jutaan saja.

DFSK Gelora E menawarkan sebuah MPV yang bisa memuat tujuh penumpang untuk varian Mini Bus.

Sedangkan untuk DFSK Gelora E Blind Van mempunyai volume kargo tercatat capai 4,8 m3 seperti pesaing sejenis lainnya.

Catatan jarak milik DFSK Gelora E ini capai 300 km dengan baterai 42 kwh. Mesin ini punya kekuatan hingga 82 horsepower dengan torsi capai 200 Nm.

Adapun fitur keamanan dari DFSK Gelora E ini culp mumpuni dengan head unit 8 inci hingga, sensor kamera belakang. Sisi keselamatan sudah mendapatkan sistem pengereman ABS dan EBD.

3. Nissan LEAF

Harga mobil listrik Nissan Leaf

Nissan LEAF mewakili pabrikan asal Jepang pada 2021 ini. ini merupakan salah satu produk andalan setelah dalam pengembangan beberapa tahun sebelumnya.

LEAF terbagi atas dua varian yang termurah masih stagnan pada banderol Rp 738 juta tergantung lokasi.

Besaran banderol bersaing dengan Hyundai, Nissan LEAF punya tenaga capai 148 horsepower dan torsi maksimal 320 Nm. Sementara dengan baterai 40kWh, Nissan LEAF bisa menempuh jarak 311 km atau lebih.

Catatan dari Nissan LEAF ini bisa berakselerasi pada kecepatan 0-100 km/jam dalam 7,9 detik saja.

Fitur canggih pada Nissan LEAF meliputi cruise control, keyless entry, hingga speedometer digital bahkan kamera 360 derajat. Keselamatan listrik Nissan LEAF ada sistem ABS dan EBD bersama dengan Hill Start Assist (HSA).

Ada pun fitur canggih ini ada Forward Collision Warning (FCW), Forward Emergency Braking (FEB), Intelligent Trace Control (ITC), dan Electronic Stability Control (ESC).

4. Hyundai Ioniq 5

Harga mobil listrik Hyundai Ioniq 5

Varian mobil listrik Hyundai Ioniq 5 jadi pilihan kelas atas kendaraan terbaru dari Korea Selatan.

Adapun, harga mobil listrik Hyundai Kona Electric paling rendah masih stagnansi yakni sekitar Rp 748 juta untuk wilayah Jakarta dan sekitar.

Kekuatan mesin dari mobil listrik Hyundai Ioniq 5 ini tercatat dengan mesin 58,2-72,6 kWh 523-653 V litium polimer menghasilkan 170 hingga 218 Horsepower.

Catatan akselerasi dari varian Hyundai Ioniq 5 yakni dari 0-100 km/jam dalam waktu 7,4 sampai 8,5 detik saja.

Varian ini turut dilengkapi berbagai fitur keselamatan yang mumpuni seperti Ioniq Electric.

5. MINI Electric

Harga mobil listrik di Indonesia

Selanjutnya, merek asalah Inggris ini juga memiliki andalan di kelas mobil listrik yakni MINI electric.

Di Indonesia, beredar dua varian yang tersedia, yakni MINI Electric dengan harga Rp 945 juta dan MINI Electric Collection seharga Rp 955 juta.

Sama seperti varian pendahulu, varian MINI Electric merupakan basis dari MINI Cooper S 3-Door dengan bodi yang mungil..

Tercatat MINI Electric disebut dapat digunakan hingga 203 hingga 232 km untuk satu kali pengisian baterai hingga penuh.

Selain daftar di atas, ada BMW i4 eDrive40 M Sport dengan banderol di atas Rp 2 miliar. Merek asal Jerman seperti Mercedes-Benz menjual mobil listrik EQE 350+ dengan banderol mulai dari Rp2,215 miliar hingga EQS 450+ AMG Line sebesar Rp 3,41 miliar.

Dari pabikan Grup Toyota ada, Lexus UX300e dipasarkan Rp1,464 miliar. Kemudian, ada mobil listrik Mini Electric yang dibanderol mulai dari Rp 1,05 miliar.

Daftar informasi ketersediaan mobil listrik Hyundai Ioniq 5 bisa diketahui melalui diler terdekat.

Melalui beberapa referensi yang dapat menjadi pertimbangan sebelum membeli mobil listrik di Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Bimo Kresnomurti

Terbaru