Harga komoditas naik, penjualan Isuzu D-Max ikut terdongkrak

Jumat, 19 November 2021 | 09:00 WIB   Reporter: Tendi Mahadi
Harga komoditas naik, penjualan Isuzu D-Max ikut terdongkrak


OTOMOTIF - JAKARTA. Pertumbuhan harga komoditas perkebunan dan pertambangan dalam beberapa bulan ini ikut mendongkrak penjualan otomotif. Peningkatan tak hanya terjadi pada segmen kendaraan komersial yang bersentuhan langsung dengan operasional perusahaan perkebunan dan pertambangan, tetapi kendaraan penumpang juga ikut terdongkrak. 

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menyebutkan, pemulihan ekonomi nasional terus berlanjut setelah semakin membaiknya harga dan permintaan global, khususnya barang-barang komoditas Indonesia pada Agustus 2021. Contohnya, batu bara yang naik 11,04% (mtm) dan CPO sebesar 6,85% (mtm).

Chief Operation Officer (COO) PT Astra International Tbk-Isuzu Sales Operation (AI-ISO/Astra Isuzu) Yohanes Pratama menjelaskan, segmen kendaraan penumpang Astra Isuzu, khususnya Isuzu D-Max, ikut meningkat seiring melonjaknya harga komoditas. Bahkan, penjualan diyakini akan terus tumbuh dengan hadirnya wajah baru All New Isuzu D-Max 4x4 1.9L. 

Mobil pikap kabin ganda andalan Astra Isuzu ini resmi diluncurkan pada Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2021 di ICE-BSD City, Tangerang, Banten yang digelar 11-21 November 2021.

Baca Juga: Harga mobil bekas Wuling Confero kian turun, hanya Rp 80 juta per November 2021

Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) pada September 2021, terjadi peningkatan penjualan signifikan untuk produk Isuzu D-Max baik whole sales maupun retail sales. Untuk whole sales Isuzu D-Max year to date (ytd) September 2021 tercatat meningkat 181,9%, sedangkan, retail sales ytd September 2021 tercatat naik 93,3%. 

Yohanes memaparkan, All New Isuzu D-Max memiliki sejumlah keunggulan dibanding kompetitor. Mobil itu memiliki mesin diesel commonrail RZ4E-TC yang lebih kompak berkekuatan 1.900 cc dengan teknologi blue power. Teknologi ini membuat tenaga yang dihasilkan lebih besar, 150PS, tetapi lebih efisien dalam pemakaian bahan bakar. All New Isuzu D-Max ini juga memiliki transmisi manual baru 6 tingkat percepatan, torsi besar, dan RPM rendah (35.7/1.800-2.600).

Keunggulan lainnya, D-Max terbaru sudah dilengkapi teknologi turbo desain baru yang diatur secara elektrik (electric control VGS turbo charger) dan dibekali tangki bahan bakar berkapasitas 76 liter. Menurut Yohanes, hal itu jelas semakin bisa menguntungkan bisnis konsumen. All New Isuzu D-Max hadir dengan tiga varian dengan harga mulai dari Rp 363,6 juta hingga Rp 459,8 juta.

Yohanes mengatakan, sektor pertambangan, perkebunan, dan kehutanan sangat membutuhkan dukungan kendaraan operasional yang tangguh, mumpuni, dan hemat bahan bakar. Oleh karena itu, kehadiran All New Isuzu D Max diharapkan dapat menjawab kebutuhan ketiga sektor tersebut agar bisa meningkatkan kinerjanya dan memberikan kontribusi lebih besar lagi bagi ekonomi nasional.

Baca Juga: Pangsa pasar mengecil, Suzuki setop produksi sepeda motor bebek di Indonesia

Pihaknya juga menyiapkan rotasi part yang bisa diakses oleh customer untuk mendukung kelancaran operasional kerja mereka di lokasi yang jauh dari kota.

Saat menjual All New Isuzu D-Max, Astra Isuzu juga memberi solusi tuntas melalui kemudahan soal service dan sparepart on site atau di lokasi kerja perusahaan konsumen. “Keunggulan Astra Isuzu, kami memiliki jaringan dan kualitas layanan dari seluruh dealer di seluruh wilayah Indonesia,” tutur dia.

Editor: Tendi Mahadi

Terbaru