Harga mobil bekas ini mulai Rp 30 jutaan, bisa dapat Hyundai Matrix

Minggu, 20 September 2020 | 09:30 WIB   Penulis: Bimo Kresnomurti
Harga mobil bekas ini mulai Rp 30 jutaan, bisa dapat Hyundai Matrix


HARGA MOBIL BEKAS - JAKARTA. Harga mobil bekas Hyundai Matrix kini makin terjangkau. Data pricelist di Gridoto.com menunjukkan harga mobil bekas Hyundai Matrix generasi kedua termurah kini Rp 35 juta periode September 2020. 

Harga mobil baru Hyundai Matrix saat rilis yakni Rp 160 juta untuk tipe tertinggi di tahun 2001. Hyundai Matrix, berjenis hatchback pertama dirilis di Indonesia pada tahun 2001. 

Kala itu, Hyundai Matrix digadang-gadang merupakan pesaing ketat dari Honda Jazz dan Toyota Yaris. Hyundai mengklaim bahwa mobil ini memiliki kenyamanan diatas rata-rata mobil hatchback lainnya. 

Dengan harga mobil bekas Hyundai Matrix yang semakin terjangkau, tentu penasaran dengan spesifikasinya?

Baca Juga: Harga mobil bekas Ford Fiesta murah banget, kini per September 2020 mulai Rp 60 juta

Yuk, mulai bedah spesifikasi Hyundai Matrix:

1. Sisi Eksterior

Hyundai Matrix menghadirkan desain body yang cukup unik. Di bagian depan Hyundai Matrix ini memiliki kesan mobil citycar. Hal tersebut terlihat dari mungil dimensi dan ornamen simple

Pada gril Hyundai Matrix memiliki bentuk trapezoid dengan aksen garis yang memiliki warna yang sama dengan bodi mobil. Terdapat tambahan karet bumper dan foglamp di tiap tepi. 

Berpindah ke samping Hyundai Matrix, desain terlihat aerodinamis dengan lekukan bodi yang minimalis. Disematkan juga karet samping di tiap pintunya. 

Sayangnya terdapat desain kaca Hyundai Matrix yang kurang simteris yakni pada kaca extend bagasi. Terlihat ban disematkan velg alloy dengan desain yang cukup modern di kala itu dengan ukuran 14 inci.

Untuk bagian belakang Hyundai Matrix, mobil ini juga terlihat sederhana. Tampak rearlamp dan stoplamp berbentuk persegi panjang di setiap tepi atas mobil. Tentu sudah dilengkapi wiper pada kaca bagian belakang.

2. Sisi Interior

Ruang kabin yang dimiliki Hyundai Matrix ini cukup lapang. Mobil ini mampu menampung hingga 5 orang penumpang dewasa. Material yang digunakan didominasi oleh material plastik yang cukup apik.

Pada bagian dashboard Hyundai Matrix, mobil ini memiliki tampilan simple dengan dominan warna hitam dan silver. Di bagian headunit disematkan warna abu-abu yang lebih terang dari dashboard. Pada panel instrumen disematkan fitur radio hingga pemutar CD.

Tentu, pada Multi Instrumen Display (MID) bagian speedometer masih menggunakan mekanisme analog dengan latar berwarna putih.  Uniknya, MID diletakkan tepat diatas AC yakni di bagian tengah dashboard.

Keunikan Hyundai Matrix lainnya berada pada letak persneling yang disematkan dibawah panel kontrol AC.

Bagian kabin belakang Hyundai Matrix memiliki ruang yang cukup lega. Kursi jok juga sudah dilengkapi dengan headrest untuk meningkatkan keselamatan penumpang. Di bagian jok memiliki bahan yang cukup tebal walaupun hanya berlapiskan kain saja.

Baca Juga: Harga mobil bekas Toyota Agya per September 2020 sudah terjangkau, mulai Rp 70 juta

3. Performa Mesin

Mesin yang digunakan Hyundai Matrix memiliki satu varian yakni, G4GR Epsilon 4 silinder dengan kapasitas 1.600 cc. Mesin ini mampu menghasilkan tenaga sebesar 103 horsepower dengan torsi maksimal 141 Nm.

Mesin Hyundai Matrix tersebut didukung dengan transmisi manual 5 percepatan dan otomatis 4 percepatan.

Hyundai Matrix sudah menggunakan suspensi McPherson Strut independent pada bagian depan. Sedangkan di bagian belakang disematkan multilink

Kombinasi keduanya menghasilkan getaran minim ketika mobil melaju di jalan yang tidak rata, sehingga berkendara tetap nyaman.

4. Fitur Keselamatan

Hyundai Matrix belum dilengkapi fitur canggih layaknya airbag. Mobil ini hanya mengandalkan keamanan seatbelt d tiap kursi penumpang. Pada sistem pengereman masih menggunakan disc brake pada sisi depan dan drum brake di sisi belakang.

Lewat spesifikasi diatas, varian lawas hatchback Hyundai ini bisa jadi mobil bekas pilihan anda. Harga mobil bekas Hyundai Matrix kini bisa didapatkan mulai Rp 35 juta saja.

Jika anda mencari mobil bekas Hyundai Matrix patutnya mengecek lebih detail setiap fitur. Pastikan mobil bekas Hyundai Matrix tersebut dalam kondisi yang prima.

Baca Juga: Harga mobil bekas Kia Picanto kian murah, kini mulai Rp 70 juta dapat generasi ini

Kontan.co.id menghimpun beberapa harga mobil bekas Hyundai Matrix di situs mobil bekas Gridoto.com per 20 September 2020. Wilayah penjualan mobil bekas Hyundai Matrix tersebut berada di Jakarta dan sekitarnya. Daftar harga mobil bekas Hyundai Matrix sebagai berikut:

Varian Tahun Spesifikasi Harga Mobil
A/T 2002 1.600 Rp 45 juta
M/T 2002 1.600 Rp 35 juta
A/T 2003 1.600 Rp 50 juta
M/T 2003 1.600 Rp 40 juta
A/T 2004 1.600 Rp 55 juta
M/T 2004 1.600 Rp 45 juta
A/T 2005 1.600 Rp 60 juta
M/T 2005 1.600 Rp 50 juta

*Sumber: Gridoto.com

*Harga mobil bekas Hyundai Matrix tersebut dirangkum dari pedagang di area Jakarta dan sekitarnya

*Harga mobil bekas Hyundai Matrix tergantung dengan kondisi kendaraan.

*Harga mobil bekas Hyundai Matrix dapat berubah sewaktu-waktu.

Selanjutnya: Harga mobil bekas Nissan Grand Livina generasi ini sudah murah, kini mulai Rp 60 juta

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Bimo Kresnomurti

Terbaru