HOME

Hari Belanja Bangga Buatan Indonesia digelar 5-13 Mei, ada subsidi ongkir lo

Kamis, 06 Mei 2021 | 04:00 WIB   Reporter: Abdul Basith Bardan
Hari Belanja Bangga Buatan Indonesia digelar 5-13 Mei, ada subsidi ongkir lo


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pemerintah berupaya mendorong konsumsi masyarakat untuk menggenjot pertumbuhan ekonomi Indonesia. Salah satunya dengan menggelar Hari Belanja Bangga Buatan Indonesia pada 5-13 Mei 2021. Pada agenda tersebut akan terdapat subsidi ongkos kirim hingga Rp 20.000.

Selain itu, ada pula diskon lainnya yang diyakini akan mencapai target melampaui Hari Belanja Nasional (Harbolnas). Harbolnas yang digelar 12 Desember 2020 lalu mencatatkan transaksi hingga Rp 11,5 triliun.

"Target kita mestinya bisa mencapai lebih dari Rp 11,5 triliun konsumsi," ujar Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi saat konferensi pers, Rabu (5/5).

Baca Juga: Bukan Pemerintah Tapi Platform E-commerce yang Menanggung Ongkos Kirim Belanja Online

Lutfi bilang, Hari Belanja Bangga Buatan Indonesia akan mulai diselenggarakan pada malam ini. Diharapkan dapat menggenjot penjualan produk lokal.

Bekas Dubes Indonesia untuk Amerika Serikat itu juga menyampaikan bahwa kondisi ekonomi Indonesia saat ini mulai menunjukkan pemulihan. Hal itu terlihat dari konsumsi yang mulai naik.

"Pertumbuhan ekonomi kuartal kedua ini, apa lagi dimotori dengab konsumsi akan berjalan dengan baik," terang Lutfi.

Selain itu, ekspor Indonesia di kuartal pertama 2021 juga mencatatkan surplus US$ 5,52 miliar. Bahkan bulan Maret 2021, Indonesia mencatatkan ekspor non migas terbesar sepanjang sejarah sebesar US$ 17,45 miliar.

 

Selanjutnya: Satgas Covid-19: Berbelanja online cara paling aman menyambut lebaran

 

Editor: Khomarul Hidayat
Terbaru