Hartono Bersaudara Kembali Jadi Orang Terkaya Indonesia, Segini Nilai Kekayaannya

Sabtu, 03 Juni 2023 | 09:51 WIB   Reporter: Noverius Laoli
Hartono Bersaudara Kembali Jadi Orang Terkaya Indonesia, Segini Nilai Kekayaannya

Robert Budi Hartono. Hartono Bersaudara Kembali Jadi Orang Terkaya Indonesia, Segini Nilai Kekayaannya.


ORANG KAYA / TAIPAN -  JAKARTA. Penurunan harga batubara telah mengubah daftar top orang terkaya di Indonesia. Hartono bersaudara pemilik Grup Djarum dan pengendali PT Bank Central Asia Tbk (BBCA) kembali merebut posisi mereka di daftar puncak orang terkaya di Tanah Air.

Selain kembali merebut posisi puncak, Duo Hartono juga mencatatkan kenaikan kekayaan yang signifikan. Sementara kekayaan Low Tuch Kwong pemilik PT Bayan Resources Tbk (BYAN) yang sempat berada di puncak daftar orang terkaya Indonesia harus rela berada di posisi ketiga dengan penurunan kekayaan yang signifikan.

Berdasarkan the real times Forbes billionaires list, per Rabu (31/5) kekayaan Low Tuck Kwong terus menyusut. Berdasarkan catatan Kontan.co.id, pada Januari 2023, kekayaan Low Tuck Kwong sempat menyentuh level US$ 30,3 miliar.

Namun pada penutupan perdagangan kemarin pada akhir Mei 2023, kekayaan Low Tuck Kwong tinggal US$ 21,3 miliar atau sekitar Rp 315 triliun.

Baca Juga: Robert Budi Hartono Geser Low Tuck Kwong dari Takhta Orang Terkaya Indonesia

Kekayaan Low Tuck Kwong telah turun 29,7% sejak awal tahun atau berkurang US$ 9 miliar dibandingkan bulan Januari 2023. Artinya kekayaan Low Tuck Kwong telah berkurang Rp 134 triliun hingga kini. 

Low Tuck Kwong

Sebaliknya kekayaan Hartono Bersaudara malah meningkat. Pada Januari kemarin, kekayaan Budi Hartono mencapai US$ 22,4 miliar dan Saudaranya Michael Hartono sebesar US$ 21,5 miliar. 

Namun pada akhir Mei 2023 kekayaan Duo Hartono ini meningkat. Budi Hartono tercatat memiliki kekayaan US$ 26,1 miliar atau sekitar Rp 387 triliun dan Michael Hartono memiliki kekayaan US$ 25,0 miliar atau sekitar Rp 370 triliun.

Baca Juga: Dewi Kam, Wanita Paling Tajir di Indonesia Masuk dalam Daftar 10 Orang Terkaya RI

Sementara itu, kekayaan para taipan lainnya tidak banyak berubah, kecuali Dewi Kam yang sempat menjadi orang terkaya kedelapan Indonesia dengan nilai kekayaan US$ 4,8 miliar. Kini kekayaan Dewi yang juga mengempit saham BYAN turun menjadi US$ 3,5 miliar.

 

Berikut daftar top 10 orang terkaya Indonesia pada akhir Mei 2023 berdasarkan daftar real times Forbes billionaires.

1. R. Budi Hartono US$ 26,1 miliar
2. Michael Hartono US$ 25,0 miliar
3. Low Tuck Kwong  US$ 21,3 miliar
4. Sri Prakash Lohia US$ 7,1 miliar
5. Prajogo Pangestu US$ 5,4 miliar
6. Chairul Tanjung US$ 4,6 miliar
7. Thair & family US$ 4,4 miliar
8. Djoko Susanto US$ 4,0 miliar
9. Lim Hariyanto Wijaya Sarwono US$ 3,8 miliar
10. Dwi Kam US$ 3,5 miliar

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Noverius Laoli

Terbaru