Sport

Hasil Liga Italia: Ungguli AS Roma, Juventus bayangi duo Milan di klasemen

Minggu, 07 Februari 2021 | 06:02 WIB Sumber: Kompas.com
Hasil Liga Italia: Ungguli AS Roma, Juventus bayangi duo Milan di klasemen

ILUSTRASI. Pemain Juventus Cristiano Ronaldo sumbang 1 gol bagi kemenangan Juventus

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pertandingan antara Juventus vs AS Roma berakhir 2-0 untuk kemenangan tuan rumah dalam laga pekan ke-21 Liga Italia yang dihelat di Stadion Aliianz, Sabtu (6/2) atau Minggu dini hari WIB. 

Dua gol kemenangan Juventus dicetak oleh Cristiano Ronaldo pada menit ke-12 dan gol bunuh diri Roger Ibanez di menit 70. 

Kemenangan atas AS Roma mengatrol posisi Juventus ke peringkat tiga klasemen Liga Italia. Kini, si Nyonya Tua mengoleksi 42 poin dari 20 pertandingan. Dengan tambahan tiga poin ini, Juventus juga sukses menggusur AS Roma yang kini harus turun ke peringkat empat. 

Klub berjuluk La Vecchia Signora tersebut kini unggul satu poin atas AS Roma dan tertinggal lima angka dari Inter Milan yang berada di puncak klasemen. Bianconeri masih bisa memperbaiki selisih poin itu karena AS Roma dan Inter Milan sudah bermain 21 kali. 

Berikut jalannya pertandingan laga Juventus vs AS Roma

Pada babak pertama, AS Roma tampil dengan persentase penguasaan bola mencapai 54%. Namun, Juventus bermain lebih efektif karena berhasil melepaskan dua tembakan tepat sasaran dari tiga percobaan. 

Satu tembakan tepat sasaran Juventus tersebut berbuah gol pada menit ke-12. Juventus berhasil unggul terlebih dahulu setelah tembakan kaki kiri Ronaldo dari luar kotak penalti merobek gawang kiper AS Roma, Pau Lopez. 

Gol Ronaldo ini berawal dari aksi individu Alex Sandro di sisi kanan pertahanan AS Roma. Setelah melewati satu pemain, Alex Sandro mengirim umpan ke kotak penalti AS Roma dan diterima oleh Alvaro Morata. 

Baca Juga: 5 Pemain berbakat yang gagal berkarier di Liga Inggris

Bola itu kemudian diteruskan Morata ke arah Ronaldo yang sudah menunggu di depan kotak penalti AS Roma. Mendapatkan ruang tembak cukup lebar, Ronaldo dengan sekali kontrol langsung melepaskan tembakan mendatar kaki kiri dan berbuah gol. 

Ini adalah gol ke-300 Ronaldo dari 326 laga sejak ia ulang tahun ke-30 dan gol ke-16 baginya musim ini di Serie A. 

Berlanjut ke babak kedua, AS Roma masih memegang kendali permainan. Di sisi lain, Juventus terlihat memilih mengandalkan serangan balik. 

Hingga menit ke-60, Juventus dan AS Roma masih kesulitan menembus pertahanan lawan masing-masing. Serangan Juventus dan AS Roma pada 15 menit pertama babak kedua lebih sering gagal karena offside. 

Pada menit ke-61, AS Roma berhasil melepaskan tembakan tepat sasaran pertamanya. Namun, tendangan kaki kanan Henrikh Mkhitaryan dari luar kotak penalti masih belum mengancam gawang Juventus karena mengarah tepat ke Wojciech Szczesny. 

Satu menit berselang, pelatih AS Roma, Paulo Fonseca, membuat keputusan mengejutkan ketika memasukkan Edin Dzeko. Ini adalah penampilan pertama Edin Dzeko setelah dicoret dari skuad AS Roma pada dua laga terakhir. 

Selain Edin Dzeko, Carles Perez dan Amadaou Diawara menjadi dua pemain AS Roma lainnya yang dimasukkan Paulo Fonseca pada menit ke-62. Tiga pergantian pemain AS Roma itu langsung direspon oleh pelatih Juventus, Andrea Pirlo. 

Baca Juga: Khawatir digugat ahli waris, Argentina ubah nama Piala Diego Maradona

Pirlo menambah daya gedor timnya dengan memasukkan Juan Cuadrado dan Dejan Kulusevski. Pada menit ke-68, Carlos Perez melepaskan tembakan kaki kanan dari luar kotak penalti yang berhasil ditangkap Szczesny. 

Juventus yang terus tertekan malah berhasil mencetak gol kedua pada menit ke-70 melalui skema serangan balik. Gol kedua Juventus berawal dari akselerasi Juan Cuadrado di sisi kiri pertahanan AS Roma. 

Ketika hendak mendekati kotak penalti, Cuadrado mengirim umpan terobosan ke Dejan Kulusevski. Dejan Kulusevski yang lolos dari jebakan offside kemudian melepaskan umpan silang mendatar ke arah Ronaldo. 

Meski tidak sampai ke Ronaldo, bola umpan Kulusevski tetap masuk ke gawang karena Roger Ibanez salah melakukan antisipasi. 

Seusai unggul 2-0, Juventus memilih menurunkan tempo permainan dengan memainkan bola lebih lama. Di sisi lain, AS Roma yang berusaha menyamakan kedudukan masih kesulitan menembus pertahanan Juventus. 

Masalah AS Roma masih sama seperti babak pertama, yakni buruknya final pass di sepertiga pertahanan Juventus. Tidak ada gol tambahan tercipta. Skor 2-0 untuk keunggulan Juventus bertahan hingga akhir pertandingan. (Hafidz Imaduddin

Susunan pemain Juventus vs AS Roma: 

Juventus (4-4-2): 1-Wojciech Szczesny; 13-Danilo, 19-Leonardo Bonucci (Merih Demiral 86'), 3-Giorgio Chiellini, 12-Alex Sandro (4-Matthijs de Ligt 86'); 14-Weston McKennie (16-Juan Cuadrado 65'), 5-Arthur, 25-Adrien Rabiot, 22-Federico Chiesa; 9-Alvaro Morata (44-Dejan Kulusevski 65'), 7-Cristiano Ronaldo 
Pelatih: Andrea Pirlo 

AS Roma (3-5-2): 13-Pau Lopez; 3-Roger Ibanez, 24-Marash Kumbulla, 23-Gianluca Mancini; 37-Leonardo Spinazzola, 17-Jordan Veretout, 4-Bryan Cristante (31-Carles Perez 62'), 14-Gonzalo Villar (42-Amadou Diawara 62'), 2-Rick Karsdorp (Bruno Peres 76'); 77-Henrikh Mkhitaryan, 21-Borja Mayoral (10-Edin Dzeko 62') 

Pelatih: Paulo Fonseca

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Hasil Juventus Vs Roma, Ronaldo dkk Jinakkan Serigala Ibu Kota"

Editor: Anna Suci Perwitasari
Terbaru