Hati-hati download game di internet, hacker selipkan malware lewat game gratis

Senin, 28 Juni 2021 | 09:32 WIB Sumber: BBC
Hati-hati download game di internet, hacker selipkan malware lewat game gratis

ILUSTRASI. Hati-hati download game di internet, hacker sematkan malware lewat game gratis


MALWARE - Gamers harus hati-hati apabila ingin download game di internet. Sebab, hacker telah menyematkan malware lewat game gratis yang tersebar di internet.

Sesuatu yang "gratis" memang kerap kali mencuri perhatian kita. Apalagi jika para gamers menemukan sebuah game yang bisa didownload secara gratis di internet.

Sayangnya, ketika download game gratis di internet, kita tidak tahu apakah ada "sesuatu" dibalik gratisan tersebut. 

Mengutip BBCsekelompok hacker menyematkan malware bernama Crackonosh lewat game yang gratis yang dibagikan lewat forum-forum di internet. Malware Crackonosh ini bisa membuat PC penggunanya melakukan mining cryptocurrency tanpa sepengetahuan.

Beberapa judul game yang tersebar lewat forum-forum di internet yakni, GTA V, Pro Evolution Soccer (PES) 2018 dan NBA2K19.

Avast, perusahaan yang membuat antivirus juga melaporkan bahwa setidaknya ada puluhan ribu PC yang terinfeksi malware tersebut. Sementara itu, malware tersebut menyebar ke 800 PC setiap harinya.

Efek dari malware tersebut yakni PC menjadi lambat karena melakukan pekerjaan mining yang menguntungkan komplotan hacker tersebut. Malware Cracknosh ini juga akan mematikan beberapa fungsi PC, seperti mematikan fitur update dan seluruh fitur keamanan.

ILUSTRASI: Peretas komputer

Untuk menghilangkan malware tersebut dari komputer atau PC Anda perlu beberapa langkah, seperti menghapus schedule task, file dan registry keys. Avast telah membagikan langkah-langkah tersebut lewat blog resminya.

Baca Juga: Asyik! Pengguna Windows 10 bisa upgrade gratis ke Windows 11

Malware Cracknosh paling banyak tersebar di negara seperti: Brazil, Filiphina, Polandia, India dan Amerika Serikat, dengan masing-masing lebih dari 10.000 korban.

Komplotan yang memanfaatkan PC korban untuk melakukan mining dikabarkan telah meraup keuntungan lebih dari $ 2 juta dolar AS (sekitar Rp 28 M). 

Meskipun ada banyak game yang tersebar di internet, Anda perlu cek kembali apakah sumbernya merupakan penyedia resmi atau bukan. Apabila Anda ingin download game di internet, sebaiknya lewat beberapa platform resmi yang tersedia.

Sperti Steam, Epic Games Store, GOG dan masih banyak lagi yang membagikan game gratis secara resmi dan legal.

Selanjutnya: 8 Aplikasi ini terinfeksi malware berbahaya, cek HP Android Anda!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Arif Budianto

Terbaru