Hati-Hati! Ini Efek Samping Kunyit dan Cara Menghindarinya

Selasa, 14 Juni 2022 | 04:11 WIB   Penulis: Ryan Suherlan
Hati-Hati! Ini Efek Samping Kunyit dan Cara Menghindarinya

ILUSTRASI. Kunyit.


KONTAN.CO.ID - Tahukah Anda efek penggunaan atau mengkonsumsi kunyit? Kunyit adalah salah satu jenis rempah yang dikenal mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan. 

Selain memberikan banyak manfaat, kunyit juga mempunyai efek samping yang perlu Anda ketahui. Sehingga Anda tidak boleh juga menggunakan atau mengkonsumsi kunyit sembarangan.

Dilansir dari Drugs, kunyit mempunyai kandungan yang mampu menurunkan kolesterol, mengurangi risiko penyakit ginjal dan mengurangi rasa sakit akibat osteoartritis. Serta masih banyak manfaat lain yang bisa Anda dapatkan.

Baca Juga: Punya Penyakit Asma? Kenali 5 Obat Alami yang Ampuh Untuk Mengatasi Gejalanya

Meski kunyit mempunyai banyak manfaat, namun juga diperlukan penelitian lebih lanjut untuk membuktikan berbagai manfaat kunyit. Kunyit juga kerao dijadikan berbagai jenis ramuan obat herbal hingga suplemen.

Namun, jika Anda tetap ingin mencoba manfaat kunyit, sebaiknya Anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter. Untuk memaksimalkan manfaat dari kunyit serta dapat meminimalisir efek sampingnya. Lantas apa saja efek samping kunyit?

Efek Samping Kunyit

Melansir dari Drugs, kunyit dapat dijadikan berbagai jenis obat seperti asma, diabetes, sakit kepala, dan hipertensi. Di balik banyaknya manfaat tersebut kunyit juga mempunyai efek samping mulai dari gula darah meningkat, diare, mual, hingga muntah.

Tak berhenti sampai disitu, kunyit juga dapat menimbulkan efek samping yang cukup serius. Contohnya seperti menimbulkan ruam hingga sesak napas dapat Anda alami jika dikonsumsi sembarangan.

Oleh sebab itu, Anda sebaiknya berkonsultasi sebelum mengkonsumsi kunyit baik secara langsung maupun dalam bentuk suplemen. Agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan dan membahayakan kesehatan. 

Baca Juga: Kenali 5 Makanan Penurun Asam Urat yang Mudah Ditemukan, Ampuh!

Selain berkonsultasi dengan dokter, ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui untuk menghindari efek samping saat mengkonsumsi kunyit.

Salah satunya, mengkonsumsi kunyit dapat berpengaruh terhadap kemampuan tubuh menyerap zat besi. Sehingga Anda harus berhati-hati jika mengkonsumsi suplemen penambah zat besi.

Selain itu, Anda juga harus menghindari mengkonsumsi suplemen yang berpengaruh terhadap penggumpalan darah dan punurun gula darah saat mengkonsumsi kunyit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ryan Suherlan

Terbaru