Hati-hati, malware disebar melalui Whatsapp

Sabtu, 30 Januari 2021 | 06:10 WIB Sumber: Kompas.com
Hati-hati, malware disebar melalui Whatsapp


WHATSAPP - Jakarta. Pengguna Hp Android harus waspada. Jangan sembarangan klik link yang dikirim melalui Whatsapp karena bisa saja ada malware di belakangnya.

Belakangan ini, peneliti keamanan siber dari ESET menemukan adanya malware yang disebarkan melalui WhatsApp. Lewat sebuah link yang disebarkan lewat pesan WhatsApp, malware ini mengelabui calon korban agar mengunduh aplikasi palsu dari situs web yang dibuat mirip dengan Google Play.

Link tersebut terlihat menjanjikan ponsel gratis untuk pengguna agar mereka mau mengklik tautan itu. Menurut peneliti keamanan ESET, Lukas Stefanko, jika link tersebut dibuka, pengguna akan diminta mengunduh aplikasi bernama Huawei Mobile yang muncul di halaman tersebut.

Tentu saja aplikasi ini palsu dan dibuat oleh pihak tidak bertanggung jawab untuk mengelabui korban. Jika aplikasi palsu tersebut diinstal, ia akan meminta korban untuk memberikan akses notifikasi, yang kemudian disalahgunakan untuk melakukan serangan.

Malware yang terpasang di perangkat akan kembali menyebarkan link yang sama melalui WhatsApp kepada calon korban lain. Stefanko mengatakan, tugas malware ini untuk mengelabui pengguna agar masuk ke dalam jebakan adware atau scam.

Baca juga: Inilah keunggulan aplikasi BiP, alternatif pengganti WhatsApp

Menurut Stefanko, malware ini bersifat wormable dan bekerja dengan membalas pesan yang diterima secara otomatis melalui WhatsApp. Lebih spesifik, malware ini memanfaatkan fitur balas cepat (quick reply) WhatsApp, yang bisa diakses melalui kolom notifikasi.

Editor: Adi Wikanto

Terbaru