Hati-Hati! Serangan Malware di HP Android Ini Bisa Menghapus Seluruh Data

Rabu, 26 Januari 2022 | 12:50 WIB Sumber: Phone Arena
Hati-Hati! Serangan Malware di HP Android Ini Bisa Menghapus Seluruh Data

ILUSTRASI. Hati-hati! Serangan malware di HP Android ini bisa menghapus seluruh isi data.


KONTAN.CO.ID - Hati-hati, serangan malware di HP Android ini bisa menghapus seluruh data. Bak HP baru, malware ini akan melakukan factory reset atau setelan pabrik sehingga semua data yang ada di dalamnya hilang.

Kabar yang cukup mengejutkan berkaitan dengan smartphone, khususnya Android. Oknum pembuat malware nampaknya punya banyak cara untuk menjebak para korbannya.

Seperti malware di HP Android yang ditemukan baru-baru ini. Dikutip dari PhoneArenaBleeping Computer melaporkan temuan malware baru yang dikenal sebagai BRATA. 

Malware ini diketahui punya fitur baru yakni dapat melacak si korban lewat GPS, menggunakan berbagai macam jenis konektivitas jaringan, dan melakukan factory reset atau reset pabrik. 

Malware yang dapat melacak dengan GPS nampaknya sudah cukup umum, tetapi melakukan factory reset atau reset pabrik sepertinya bakal membuat si korban semakin kesal.

Bagaimana tidak? Bila HP Android yang digunakan si korban melakukan factory reset, otomatis data-data yang ada di dalamnya akan hilang semua.

Baca Juga: Kode Redeem Genshin Impact Terbaru Januari 2022, Dapatkan Mora, Buku EXP, & Batu Ungu

Ini membuat malware BRATA dikategorikan sangat berbahaya. Kabarnya malware ini dilaporkan menyebar ke pengguna e-banking di beberapa negara, seperti Inggris, Polandia, Italia, Spanyol, China, dan beberapa negara di Amerika Latin.

Patut diwaspadai, malware BRATA juga memiliki varian yang menyebar di beberapa negara dan menyerang bank yang berbeda. Hal tersebut tentu saja menyebabkan permasalahan berbeda-beda yang dialami oleh nasabah perbankan.

Ancaman yang paling menakutkan adalah serangan malware BRATA yang mampu melakukan factory resetFactory reset atau setelan pabrik terjadi pada waktu-waktu tertentu, seperti setelah HP Android berhasil disusupi dan transaksi penipuan telah diselesaikan.

Ilustrasi hacker atau kejahatan internet

Oknum di balik malware ini sengaja melakukan factory reset untuk melindungi sekaligus menghapus jejak mereka. 

Baca Juga: EmojiMix: Cara Membuat Kombinasi Emoji dengan Mudah Lewat Website Tikolu

Berbicara tentang serangan malware yang dapat melakukan factory reset secara tiba-tiba, ada cara yang dapat Anda lakukan supaya data di HP Android tetap aman.

Cara mengamankan data HP Android bila tiba-tiba factory reset:

  • Yang pertama, Anda dapat memanfaatkan penyimpanan awan (cloud storage), seperti Google Drive, One Drive, Dropbox, atau penyedia layanan serupa lainnya. Lakukan backup dengan cara upload foto, video, atau dokumen yang menurut Anda tidak ingin dihapus lewat beberapa platform penyimpanan awan tersebut.
  • Yang kedua, kontak yang tersimpan di HP juga bisa di-backup ke kartu SIM atau Google Drive. Dengan demikian kontak-kontak yang ada di HP Android Anda tetap aman, meskipun tiba-tiba factory reset.
  • Yang ketiga, manfaatkan penyimpanan eksternal, seperti SD Card untuk melakukan backup foto, video, atau dokumen penting Anda dari HP Android.
  • Terakhir, supaya tetap aman, pastikan Anda download aplikasi atau game Android dari Play Store. Setidaknya download di platform resmi Google ini dapat menghindari ancaman malware yang berbahaya tersebut.

Sekali lagi, hati-hati dengan aplikasi-aplikasi Android yang beredar. Pastikan Anda selalu melakukan backup berkala, supaya bila terjadi hal yang tidak diinginkan, seperti serangan malware atau HP rusak, datanya masih aman.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Arif Budianto

Terbaru