Hati-hati sering terjebak, Ini jurus jitu sukses menghadapi wawancara kerja

Rabu, 29 Juli 2020 | 08:16 WIB   Penulis: Tiyas Septiana
Hati-hati sering terjebak, Ini jurus jitu sukses menghadapi wawancara kerja

ILUSTRASI. Hati-hati sering terjebak, Ini jurus jitu sukses menghadapi wawancara kerja


Mencari kerja - JAKARTA. (SABTU/MINGGU) Banyak hal yang perlu diperhatikan saat menghadapi wawancara kerja. Sesi wawancara juga sangat penting dalam menentukan lolos tidaknya peserta dalam rekrutmen kerja. Tidak sedikit kandidat-kandidat bagus harus gugur saat sesi wawancara. 

Interview sering menjadi hal yang ditakuti bagi para pencari kerja. Sering terkecoh dengan pertanyaan, dokumen tidak lengkap, hingga masalah pakaian menjadi hal penting yang sering membuat peserta gagal. 

Ada beberapa tips mengenai hal yang perlu diperhatikan saat wawancara kerja. Tips ini bisa membantu Anda saat menghadapi wawancara kerja.

  • Cari informasi mengenai perusahaan yang dituju

Gali sedetail dan sedalam mungkin informasi tentang perusahaan yang Anda lamar. Pahami visi dan misi perusahaan tersebut agar Anda lebih paham dan tahu gambaran perusahaan tersebut. 

Baca Juga: Kesempatan bagi fresh graduate, lowongan kerja di Super Indo di banyak posisi 

Hal ini akan membantu Anda menjawab pertanyaan-pertanyaan terkait perusahaan saat Anda mengikuti wawancara kerja. Poin ini cukup penting untuk menghadapi saat wawancara kerja. 
Pewawancara akan melihat seberapa besar minat Anda kepada perusahaan melalui pengetahuan dan informasi yang Anda miliki.

  • Gunakan pakaian yang rapi dan bersih

Menggunakan pakaian formal yang rapi menjadi nilai tambah saat menghadapi wawancara kerja. Biasanya perusahaan anak meminta para peserta untuk memakai pakaian tertentu seperti pakaian formal atau semi formal. Gunakan sepatu yang tertutup dan berwarna gelap, meskipun tidak disebutkan detail alas kaki.

Make up yang simple juga disarankan saat menghadapi wawancara kerja. Gunakan parfume yang tidak terlalu menyengat menjadi salah satu hal saat wawancara kerja yang sering dilewatkan. Jangan lupa untuk datang setidaknya 30 menit sebelum wawancara.

Editor: Tiyas Septiana

Terbaru