Hingga Akhir 2023, Toyota Bakal Tambah Fasilitas Charging Station di 200 Dealer

Rabu, 04 Oktober 2023 | 17:00 WIB   Reporter: Dimas Andi
Hingga Akhir 2023, Toyota Bakal Tambah Fasilitas Charging Station di 200 Dealer

Pengunjung mengisi daya mobil listrik Toyota bZ4X pada fasilitas Privilege Charging and Parking Spot di ASHTA Mal SCBD, Jakarta Selatan.


OTOMOTIF - JAKARTA. PT Toyota Astra Motor (TAM) terus menghadirkan ekosistemn pendukung mobilitas kendaraan elektrifikasi baik itu Battery Electric Vehicle (BEV), Plug-in Hybrid Electric Vehicle (PHEV), maupun Hybrid Electric Vehicle (HEV) Toyota sebagai bagian dari Total Mobility Solution yang lengkap dan berkelanjutan.

TAM mengembangkan Toyota xEV Ecosystem dalam bentuk fasilitas charging spot di outlet Toyota. Sementara ekosistem berupa Privilege Charging Spot dan Privilege Parking Spot yang mudah diakses, aman, dan nyaman telah disiapkan di berbagai area publik.

Ada pula fasilitas Ultra Fast Charging Spot yang sedang disiapkan di rest area Jalan Tol Trans Jawa untuk menjaga mobilitas jarak jauh kendaraan elektrifikasi Toyota.

Marketing Director Toyota Astra Motor Anton Jimmi Suwandy menyampaikan, Toyota xEV Ecosystem hadir dalam bentuk fasilitas charging spot untuk kendaraan elektrifikasi Toyota dan Lexus jenis BEV dan PHEV secara gratis di 50 outlet Toyota yang akan terus bertambah seiring waktu.

Baca Juga: Toyota Rilis Corolla Altis Terbaru dengan Sejumlah Fitur Tambahan

Fasilitas ini melengkapi bengkel resmi di seluruh Indonesia yang sanggup melakukan servis berkala dan perbaikan semua jenis kendaraan elektrifikasi Toyota.

"Dengan visi continuous improvement, Toyota xEV Ecosystem disiapkan pula di area publik untuk memberikan kemudahan dan mendukung gaya hidup pelanggan, termasuk persiapan untuk di rest area Jalan Tol Trans Jawa demi meningkatkan daya jelajah xEV Toyota,” terang dia dalam siaran pers yang diterima Kontan.co.id, Selasa (3/10).

Melalui strategi Multi Pathway, Toyota menghadirkan berbagai kendaraan elektrifikasi. Saat ini, BEV Toyota yang dipasarkan di Indonesia adalah Toyota bZ4X, sementara PHEV diwakili oleh All New RAV4 GR Sport PHEV.

Kedua jenis xEV Toyota ini memiliki keunggulan yakni dapat melakukan pengisian ulang baterai sebagai penggerak motor listrik secara mandiri.

Toyota telah memberikan paket wall charger supaya pemilik bZ4X dan RAV4 GR Sport PHEV dapat melakukan pengisian baterai xEV di rumah.

Toyota xEV Ecosystem dibangun guna memberikan kemudahan kepada pelanggan untuk melakukan servis mobil dan pengisian baterai di bengkel resmi Toyota.

Dengan jaringan workshop yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia, pelanggan tidak hanya dapat melakukan servis berkala dan perbaikan kendaraan, melainkan juga mengisi ulang baterai secara gratis di fasilitas charging spot. 

Baca Juga: Daftar Harga Mobil Baru Toyota per September 2023: Alphard dan Voxy Naik Tipis

Sudah ada 50 dealer Toyota yang memiliki fasilitas ini dan akan bertambah hingga 200 dealer pada akhir 2023, serta lebih banyak lagi pada tahun-tahun mendatang. Masing-masing outlet memiliki satu unit AC Charger berdaya 22 kW.

Toyota mendukung mobilitas pelanggan kendaraan elektrifikasi di wilayah perkotaan dengan menghadirkan Toyota xEV Ecosystem di area publik terpilih.

Sebagai pilot project, sekarang telah disediakan fasilitas Privilege Charging Spot dan Privilege Parking Spot di ASHTA Mal yang berada di kawasan eksklusif SCBD, Jakarta Selatan.

Pemilihan mal terbaru di Jakarta ini karena adanya persamaan visi dengan Toyota yakni fokus pada lingkungan.

Privilege Charging Spot merupakan fasilitas isi ulang baterai xEV eksklusif untuk BEV dan PHEV Toyota. Tersedia satu unit Ultra Fast Charger 120 kW dengan 3 jenis gun charger tipe CCS2, CHAdeMO, dan AC Type 2 berdaya 22 kW dan 2 unit AC Charger Type 27 kW yang dapat dimanfaatkan secara gratis selama pelanggan berbelanja atau jalan-jalan di mal ASHTA.

Baca Juga: Pembiayaan Otomotif Multifinance Masih Melaju Pada Agustus 2023

Dengan tambahan total 8 titik parkir, Privilege Parking Spot merupakan area parkir yang disediakan khusus untuk semua jenis kendaraan elektrifikasi Toyota.

Mobilitas kendaraan elektrifikasi diharapkan tidak terbatas di area perkotaan, melainkan dapat menjangkau wilayah yang lebih luas.

Toyota xEV Ecosystem memberikan solusi untuk meningkatkan daya jelajah BEV Toyota dengan mempersiapkan fasilitas Ultra Fast Charging Spot di rest area Jalan Tol Trans Jawa yang rencananya akan dilengkapi unit DC Ultra Fast Charger (UFC) berdaya 120 kW.

Toyota xEV Ecosystem akan terus dibangun untuk mendukung mobilitas pelanggan. Rencananya paling lambat di tahun 2025, outlet Toyota di seluruh Indonesia telah memiliki fasilitas charging spot berdaya 22 kW. Ini termasuk pemasangan sekitar 5 unit UFC di outlet Toyota di sekitaran pulau Jawa.

Untuk mempermudah mobilitas pelanggan perkotaan, Toyota akan membangun lebih banyak unit UFC 120 kW di beberapa mal kota besar termasuk Jakarta, serta AC Charger 7 kW dan 22 kW yang disesuaikan dengan alokasi di mal tersebut.

Sementara untuk menunjang mobilitas antar kota tanpa kendala kapasitas baterai xEV, Toyota akan mengoperasikan berbagai tambahan unit UFC 120 kW bersama AC Charger 7 kW dan 22 kW di beberapa rest area lainnya.

Baca Juga: Otomotif Masih Jadi Tumpuan Bisnis ASII

Marketing Director Toyota-Astra Motor Fumitaka Kawashima mengatakan, Toyota berkomitmen untuk memberikan Total Mobility Solution kepada pelanggan kendaraan elektrifikasi dengan membangun Toyota xEV Ecosystem.

Ekosistem yang dibangun tersebar mulai dari outlet Toyota, pusat perbelanjaan besar sebagai spot lifestyle, hingga rest area jalan tol untuk mendukung mobilitas BEV Toyota dan Lexus.

"Sejalan visi Toyota Environmental Challenge 2050 dan Net Zero Emission 2060 Pemerintah Indonesia, kami akan menambah lokasi dan fasilitas Toyota xEV Ecosystem untuk mendukung mobilitas pelanggan dan supaya lebih banyak masyarakat berpartisipasi dalam menekan emisi karbon,” tandas dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Yudho Winarto

Terbaru