Hobi selfie? jangan lewatkan pameran seni interaktif teamLab

Sabtu, 22 Juni 2019 | 14:00 WIB   Reporter: Anggar Septiadi
Hobi selfie? jangan lewatkan pameran seni interaktif teamLab


HOBI -  JIKA Anda hobi selfie di tempat-tempat unik dan mengunggah di akun Instagram, pameran seni interaktif teamLab bisa jadi pilihan menarik. Anda tidak perlu jauh-jauh pergi ke Singapura atau ke Tokyo, sebab wahana ini hadir di Jakarta.

Pameran yang bertajuk teamLab Future Park and Animals of Flowers, Symbiotic Lives ini dibuka untuk umum mulai 20 Juni 2019 hingga 20 Desember 2019 di Gandaria City, Jakarta Selatan.

Future Park memang dihadirkan sebagai pameran seni interaktif yang memadukan seni dan teknologi. Wahana ini didesain oleh teamLab, kolektif seni berbasis di Jepang, dan dihadirkan di Indonesia oleh Sorak Gemilang Entertainment (SGE live).

Pameran serupa sebelumnya juga pernah digelar teamLab di kota besar berbagai negara seperti Milan, London, Paris, Taiwan hingga New York.

Memasuki area pertunjukan Future Park pengunjung akan disambut ruang pameran yang dibuat gelap dan hanya disinari oleh cahaya dari instalasi-instalasi bersuasana riang dengan warna-warna yang kontras, terang, dan tegas.

Ada lima instalasi yang dihadirkan: Pertama karya yang bertajuk Animals of Flowers, Symbiotic Lives. Sebuah dinding gelap yang menampilkan tayangan bunga-bunga berwarna-warni yang tumbuh dari tubuh hewan yang juga dengan variasi warna. Pengunjung dapat berinteraksi di sini, ketika bunga disentuh ia akan menyebar dan terbang, sementara tubuh hewannya akan hilang.

Kedua, Graffiti Nature: Lost, Immersed and Reborn. Karya ini berupa mural yang juga menampilkan keserasian ekosistem alam karena terdapat banyak hewan yang memakan hewan atau tumbuhan lain. Jika pengunjung berdiri dengan waktu yang cukup lama, maka sekumpulan bunga akan bermekaran di kakinya.

Ketiga, Sliding through the Fruit Field. Pengunjung dapat meluncur dan menyentuh bola. Ada beberapa jenis bola yang melambangkan energinya sendiri-sendiri, misalnya bola biru melambangkan air, sehingga ketika bola biru menyentuh benih, maka benih akan bertumbuh, bertunas, dan mekar.

Keempat, Sketch Aquarium yang mengajak pengunjung menggambar hewan laut sesuai imajinasi mereka dan akan ditampilkan di akuarium raksasa. Kelima, Light Ball Orchestra, bola-bola bisa berubah warna ketika disentuh pengunjung.

Delapan sesi

Dengan teknologi digital yang digunakan oleh teamLab, beragam instalasi seni dapat berevolusi tanpa batas dan bergerak bebas, berinteraksi dengan pengunjung dan lingkungan sekitar sehingga menciptakan momen unik yang mengubah aktivitas kreatif individu menjadi aktivitas kreatif kolaboratif, kata CEO teamLab Kids Akitae Matsumoto.

Jika tertarik, Anda bisa membeli tiket langsung di lokasi atau lewat situs sgelive .com seharga Rp 180.000 dengan kartu debit atau kartu kredit Bank Central Asia (BCA). Pameran ini dibagi dalam delapan sesi, yakni dimulai pukul 10.00 WIB hingga 22.00 WIB.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Noverius Laoli

Terbaru