OTOMOTIF - JAKARTA. Honda Brio berhasil menjadi mobil terlaris di pasar dalam negeri Indonesia selama Oktober 2022. Alhasil, mobil kompak ini berhasil mengalahkan Toyota Avanza yang secara empat bulan berturut sebelumnya memuncaki pasar.
Meski secara volume, sebagaimana diolah dari data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), kinerjanya menurun 10,3 persen dari bulan lalu menjadi 5.601 unit.
Hanya saja, penurunan penjualan tersebut tidak sedalam Avanza sebagai model andalan Toyota di Indonesia yang anjlok 27,6 persen dalam periode yang sama alias dari 6.855 unit jadi 4.958 unit.
Baca Juga: Gaikindo Sebut Bus Listrik Punya Prospek yang Menjanjikan di Masa Depan
Sebenarnya, kinerja penjualan Avanza sudah mengalami perlambatan sejak awal semester II/2022 atau Juli 2022. Namun sampai dengan September 2022, mobil keluarga 7-penumpang murah itu masih memuncaki pasar hingga pada akhirnya tumbang juga di Oktober 2022.
Kendati demikian, beberapa produk Toyota lainnya terpantau masih mengalami kenaikan penjualan seperti Toyota Rush, yang kini berada di posisi ke-2 tepat di antara Brio dan Avanza dengan 5.007 unit. Low Sport Utility Vehicle (LSUV) tersebut berhasil tumbuh signifikan yaitu 49,1 persen secara bulanan dari 3.358 unit.
Menutup posisi 5 besar, ditempati Toyota Calya dengan 4.913 unit dan Mitsubishi Xpander sebesar 4.837 unit. Cukup menarik, karena akhirnya Xpander kembali bangkit ke daftar teratas setelah dua bulan kemarin terdapuk dari posisi 10 besar.
Untuk diketahui, pada September 2022 Xpander menjadi salah satu produk yang mengalami penurunan penjualan paling dalam secara bulanan di pasar dalam negeri dengan 58 persen jadi 3.282 unit. Kini, penjualannya berhasil meningkat 42,9 persen.
Baca Juga: Murah, Inilah Harga Mobil Bekas Honda Brio Satya Varian Kedua
Sayangnya, nasib berbeda dialami oleh sang penantang baru, Hyundai Stagazer. Tercatat dalam data yang sama, posisi penjualan Stargazer masih melambat signifikan yaitu dari 2.839 unit menjadi 1.484 unit.