Gadget

Hore! Google Classroom akan tambahkan mode offline, belajar di rumah hemat kuota

Kamis, 18 Februari 2021 | 07:46 WIB Sumber: 9To5Google
Hore! Google Classroom akan tambahkan mode offline, belajar di rumah hemat kuota

ILUSTRASI. Hore! Google Classroom akan tambahkan mode offline, belajar di rumah jadi hemat kuota

KONTAN.CO.ID - Google Classroom bakal segera tambahkan mode offline di HP Android. Ini menjadi solusi bagi sebagian siswa atau pelajar yang tinggal di wilayah yang jaringan internetnya sulit sekaligus bisa menghemat kuota.

Pandemi Covid-19 menyebabkan kegiatan belajar mengajar berubah. Kemajuan teknologi dan internet untungnya masih bisa membantu para pelajar untuk senantiasa mengikuti kegiatan belajar meskipun secara online.

Salah satu aplikasi yang kerap kali digunakan oleh guru dan murid dalam kegiatan belajar secara online adalah Google Classroom. Aplikasi tersebut memudahkan guru untuk memberikan tugas-tugas yang harus dikerjakan para murid.

Begitu pula dengan murid, ketika tuga telah diselesaikan, mereka tinggal mengirimkan hasil yang sudah dikerjakan lewat Google Classroom. Namun demikian, sebagian siswa mungkin merasa kesulitan mengakses Googe Classroom karena satu dan lain hal.

Terutama faktor jaringan internet, tidak bisa dipungkiri sebagian siswa yang tinggal di daerah tertentu mungkin masih kesulitan mengakses internet. Kabar baiknya, Google telah menyiapkan solusi bagi para siswa yang kesulitan mengakses Google Classroom karena masalah jaringan internet.

Mengutip dari 9to5Google.com, Google Classroom kabarnya bakal mendapatkan mode offline. Mode tersebut memungkinkan para penggunanya untuk bisa mengakses dan mengerjakan tugas di Google Classroom secara offline.

Dengan demikian, para siswa tidak perlu terhubung dengan internet ketika mengerjakan tugas di Google Classroom. 

"Siswa dapat mengerjakan dan meninjau tugas secara offline hingga membuka lampiran di Google Drive lalu mengerjakan di Google Doc tanpa koneksi internet". Ujar Google seperti yang dikutip Kontan dari 9to5Google.com.

Google Classroom juga telah memiliki fitur yang sangat membantu para siswa untuk mengerjakan dan mengirimkan tugas di sekolah. Siswa dapat melakukan foto lebih dari satu halaman dalam satu file PDF.

Fitur Google Classroom, bisa ambil banyak foto dan disimpan dalam 1 file PDF

Selain mode offline, Google Classroom juga bakal mendukung beragam update besar lainnya, termasuk dukungan Bahasa Indonesia.

Seluruh fitur di Google Classroom tersebut kabarnya bakal segera hadir akhir tahun 2021 ini. 

Selanjutnya: Microsoft Office versi terbaru tersedia di iPad, satukan Word, Excel, PowerPoint

 

Editor: Arif Budianto
Terbaru