Hore! WhatsApp akan tambahkan opsi backup chat yang bisa menghemat ruang penyimpanan

Kamis, 14 Oktober 2021 | 13:47 WIB   Penulis: Arif Budianto
Hore! WhatsApp akan tambahkan opsi backup chat yang bisa menghemat ruang penyimpanan

ILUSTRASI. Hore! WhatsApp akan tambahkan opsi backup chat yang bisa menghemat ruang penyimpanan

KONTAN.CO.ID - Hore! WhatsApp akan kedatangan fitur backup chat yang bisa menghemat ruang penyimpanan. Fitur ini sangat berguna apabila Anda hanya ingin backup chat tanpa menyertakan foto, video, audiodokumen hingga file.

Apakah Anda salah satu pengguna WhatsApp yang kerap kali melakukan backup chat atau cadangan obrolan secara rutin? Bila iya, apakah chat yang telah Anda backup memakan ruang penyimpanan yang cukup besar?

Bila backup chat terus menumpuk, kira-kira berapa besar ruang penyimpanan yang Anda butuhkan untuk menampung semuanya?

Menjawab pertanyaan tersebut, WhatsApp menyiapkan solusi untuk memecahkan masalah tersebut. Berbicara soal backup chat, Anda bisa melakukan langkah ini jika tidak ingin kehilangan obrolan ketika menggunakan perangkat baru.

Baca Juga: Genshin Impact dapat berjalan 120 fps di perangkat iOS, begini cara mengaktifkannya

Misalnya, menggunakan HP atau smartphone baru atawa berpindah dari Android ke iOS, bahkan sebaliknya. Fitur backup chat di WhatsApp akan sangat berguna kalau Anda dalam kondisi tersebut.

Sayangnya, fitur itu tidak memiliki opsi yang lebih perinci. Jadi, bila Anda melakukan backup chat, semuanya akan dicadangkan, termasuk foto, videohingga dokumen. 

Meskipun fitur backup chat terdapat opsi untuk tidak menyertakan video, file-file yang memuat media seperti foto dan dokumen tetap saja membuat ruang penyimpanan menjadi bengkak.

Belum lagi, penyimpanan berbasis awan (cloud) seperti Google Photos kini telah membatasi maksimal hanya 2GB untuk pengguna gratisan.

Baca Juga: Cek dan klaim segera! Inilah kode redeem Genshin Impact update Oktober 2021

Lalu bagaimana nasib pengguna WhatsApp selanjutnya?

Kabar baiknya, WhatsApp telah menyiapkan solusi tersebut. Ke depan, WhatsApp akan menambahkan opsi backup chat tanpa menyertakan foto, video, dokumen, dan lain-lain yang membuat ukurannya membengkak.

Mengutip dari WABetainfo, opsi tersebut saat ini baru tersedia di WhatsApp Beta versi 2.21.21.5 atau lebih baru. Dengan opsi tersebut, Anda bisa menghilangkan foto, video, dokumen, audio, dan beberapa file media lainnya supaya tidak ikut dicadangkan.

Sayangnya, belum ada informasi kapan opsi tersebut bakal tersedia di aplikasi WhatsApp versi resmi yang Anda gunakan saat ini.

Terlepas dari semua itu, opsi terbaru di WhatsApp ini tentunya akan sangat membantu penggunanya, terlebih yang kerap kali mengalami ruang penyimpanan penuh.

Selanjutnya: Cara downgrade dari Windows 11 ke Windows 10 tanpa kehilangan data

Editor: Arif Budianto
Terbaru