Hormati korban Covid-19, AFC batal gelar acara penghargaan pemain terbaik Asia 2020

Kamis, 18 Juni 2020 | 10:00 WIB Sumber: Reuters
Hormati korban Covid-19, AFC batal gelar acara penghargaan pemain terbaik Asia 2020

ILUSTRASI. Son Heung-min pemain terbaik Asia 2019


KONTAN.CO.ID - QATAR. Konfederasi Sepak Bola Asia atawa Asian Football Confederation (AFC) membatalkan acara penghargaan tahunan untuk pemain terbaik Asia yang seharusnya digelar di Qatar pada bulan Desember mendatang. 

Presiden AFC Sheikh Salman bin Ebrahim al-Khalifa mengatakan, acara penghargaan seperti ini tidak pantas dilakukan setelah adanya pandemi virus corona yang menewaskan hampir 450.000 korban jiwa.

"Ribuan nyawa telah hilang, tak hanya di benua kami tetapi di seluruh dunia," kata Sheikh Salman dalam pernyataannya, Kamis (18/6).

Baca Juga: Daftar calon peraih Ballon d'Or 2020 muncul, Messi dan Ronaldo masih bersaing

Upacara tahunan bergengsi bagi pemain sepak bola Asia ini biasanya mencakup penghargaan untuk Pemain Terbaik Asia serta tim terbaik Asia. Awalnya, gelaran ini akan bertepatan dengan pentas Piala Dunia Klub yang juga digelar di Qatar. 

"Pandemi ini telah membawa kami untuk mempertimbangkan adanya malam penghargaan yang berkilau tidak akan pantas terutama ketika kami perlu menunjukkan duka terhadap semua yang telah ditinggalkan. Ini merupakan wujud hormat dan simpati kami di saat yang paling sulit," lanjut Sheikh Salman.

Di sisi lain, sepak bola profesional di kawasan Asia perlahan-lahan kembali setelah penghentian sementara. AFC pun telah menjadwalkan dimulainya kembali kampanye kualifikasi Piala Dunia 2022 untuk awal Oktober.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Anna Suci Perwitasari

Terbaru