HUT Jakarta ke-491, Ancol gelar parade budaya Betawi

Rabu, 20 Juni 2018 | 09:32 WIB   Reporter: Nur Pehatul Janna
HUT Jakarta ke-491, Ancol gelar parade budaya Betawi

ILUSTRASI. Ondel-ondel


INDUSTRI PARIWISATA - JAKARTA. Untuk memeriahkan HUT Jakarta ke-491, Taman Impian Jaya Ancol sajikan acara bertema budaya asli Jakarta dari kampung budaya Betawi hingga parade ondel-ondel.

Acara yang akan diselenggarakan di Pantai Lagoon Ancol pada 23 Juni 2018 akan menampilkan beberapa rangkaian acara seperti parade ondel-ondel yang diikuti lebih dari 100 orang yang terdiri dari 50 ondel-ondel, musik tanjidor, iringan delman hias, palang pintu, penari Betawi, hingga pencak silat dan lenong Betawi.

Direktur Utama Taman Impian Jaya Ancol Paul Tehusijarana mengatakan, acara tersebut dihadirkan selain untuk memeriahkan HUT Jakarta sekaligus untuk membuat masyarakat lebih mengenal budaya asli Jakarta.

"Acara ini agar masyarakat bisa lebih dekat dengan budaya aslinya agar lebih tahu dan menambah rasa cinta terhadap budaya Betawi," ujarnya dalam siaran pers, Rabu (20/6).

Menurutnya,explore ondel-ondel ini pertama kali digelar di kawasan Ancol, dan selain di Pantai ada juga konten budaya Betawi di Pasar Seni Ancol dengan konsep budaya Betawi.

"Ini pertama kali mengangkat tema eksplore ondel-ondel dan sebagai kawasan wisata yang berbasis edukasi, kami memiliki kewajiban untuk menyajikan keberagaman latar budaya agar masyarakat tetap solid terhadap budayanya masing," ujarnya.

Menurut Paul, Ancol memang rutin menghadirkan konten-konten budaya Nusantara sebagai hiburan untuk pengunjung. "Jadi tidak hanya budaya Betawi, seperti budaya Bali, Minangkabau, dan lain-lain" tuturnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Sofyan Hidayat

Terbaru