CLOSE [X]

HUT ke-495 DKI Jakarta, Masuk Museum Hingga Ancol Gratis

Rabu, 22 Juni 2022 | 06:23 WIB Sumber: Kompas.com
HUT ke-495 DKI Jakarta, Masuk Museum Hingga Ancol Gratis

ILUSTRASI. Sejumlah warga berwisata di Dunia Fantasi, Ancol, Jakarta


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Hari ulang tahun (HUT) ke-495 DKI Jakarta jatuh pada hari ini, Rabu, 22 Juni 2022. Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta dan sejumlah stakeholders lainnya pun sudah menyiapkan segudang agenda seru yang sayang untuk dilewatkan.

Ada berbagai agenda mulai dari upacara peringatan ulang tahun Jakarta, vaksin gratis untuk hewan peliharaan, hingga bagi-bagi tiket masuk tempat wisata gratis. Penasaran seperti apa kemeriahannya?

Berikut serba-serbi semarak perayaan HUT ke-495 DKI Jakarta.

Baca Juga: 15 Link Download Twibbon HUT Jakarta, Ramaikan di Media Sosial Yuk

1. Upacara HUT DKI Jakarta di Monas

Warga DKI Jakarta kini bisa mengikuti upacara hari ulang tahun ke-495 DKI Jakarta di Monumen Nasional (Monas) pada 22 Juni 2022. Akun Instagram resmi @dkijakarta menyampaikan, bagi warga DKI Jakarta yang ingin mengikuti upacara tersebut bisa mendaftarkan diri di situs resmi upacara Jakarta Hajatan ke-495.

Bagi 10 pendaftar pertama, nantinya akan mendapatkan kesempatan mengikuti upacara bersama Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan. Upacara tersebut tak cuma digelar secara luring. Artinya, warga DKI Jakarta bisa mengikuti upacara secara online juga melalui link zoom yang sudah disediakan bagi para pendaftar.

Baca Juga: HUT Jakarta, Naik TransJakarta Cukup Bayar Rp 1 pada 22 Juni 2022

2. Keliling Jakarta cuma Rp 1

Tarif spesial hanya Rp 1 diberikan PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) dalam rangka perayaan HUT ke-495 DKI Jakarta. Tarif murah itu memungkinkan kita untuk bisa keliling kota Jakarta dengan semua layanan Transjakarta, kecuali Royaltrans dan Mikrotrans.

Layanan satu rupiah itu berlaku satu hari di tanggal 22 Juni 2022 mulai pukul 00.00 WIB sampai 23.59 WIB.

Baca Juga: 44 Link Twibbon HUT Jakarta 2022 dan Cara Pakainya di Media Sosial

3. Jalan-jalan ke Museum gratis

Dinas Kebudayaan, Pemprov DKI Jakarta turut memeriahkan ultah ke-495 Jakarta dengan membuka kesempatan bagi warga yang ingin jalan-jalan ke museum. Sejumlah destinasi wisata sejarah yang ada di Ibu Kota ini bisa dikunjungi secara gratis pada tanggal 22 Juni 2022.

Ada pun 11 museum yang bisa dikunjungi di antaranya; Museum MH Thamrin Museum Tekstil Museum Seni Rupa dan Keramik Museum Sejarah Jakarta Museum Joang 45 Museum Prasasti Taman Arkeologi Onrust Rumah si Pitung Museum Wayang Museum Bahari Museum Betawi Setu Babakan.

Baca Juga: Ketua HIPMI Berharap Ada Intervensi Pemerintah untuk Membantu Pengusaha Pemula

4. Vaksin gratis untuk anabul kesayangan

Dalam rangka HUT Jakarta tahun ini, Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (DKPKP) Provinsi DKI Jakarta menggelar program sterilisasi dan vaksinasi rabies gratis untuk kucing. Program ini merupakan hasil kolaborasi antara DKPKP DKI Jakarta bersama dengan Komunitas Pecinta Kucing Sehati (KPKS), Pecinta Kucing Tangerang (Petacinta) dan Radhiyan Pet and Care Cabang Buaran Klender, Jakarta Timur dan Duren Sawit.

Bagi pemilik kucing yang ingin mendapatkan vaksinasi gratis bisa langsung datang ke klinik di cabang tersebut dan langsung mendaftarkan diri.

Baca Juga: Cuaca Hari Ini di Jabodetabek Berpotensi Hujan, Berawan pada Pagi dan Malam Hari

5. Gratis masuk Ancol

PT Taman Impian Jaya Ancol menawarkan promo tiket gratis yang berlangsung selama satu hari pada 22 Juni 2022. Ketentuan tiket gratis masuk Ancol Tiket masuk gratis ini sudah bisa ditukarkan (reedem) pada 15-21 Juni 2022, dengan syarat sebagai berikut:

  • Wajib melakukan reservasi maksimum H-1 sebelum kunjungan ke Ancol 
  • Tiket gratis spesial HUT DKI Jakarta hanya bisa didapatkan di situs web resmi Ancol 
  • Tiket gratis ini bisa didapatkan mulai tanggal 15-21 Juni 2022 
  • Tiket gratis berlaku untuk kunjungan tanggal 22 Juni 2022, pukul 06.00-18.00 WIB 

Satu orang hanya dapat klaim maksimal dua tiket gratis. Tiket gratis belum termasuk tiket masuk kendaraan dan unit rekreasi (Dufan, Sea World, Ocean Dream Samudra, dan Atlantis).

Baca Juga: Perkuat Layanan Pemprov DKI Jakarta, Bank DKI Manfaatkan Digitalisasi Perbankan

6. Konser Jakarta Hajatan

Pemprov DKI Jakarta menggelar konser dalam perayaan puncak di Jakarta International Stadium. Acara ini bakal dimeriahkan dengan musisi papan atas sebagai pengisi acara. Seperti Niki Zevanya, Rich Brian, Raisa, Isyana Sarasvati, Marion Jola hingga Jakarta Movin.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul Serba-serbi HUT ke-495 DKI Jakarta, dari Museum hingga Ancol Gratis.
Penulis: Dinno Baskoro
Editor: Glori K. Wadrianto

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Wahyu T.Rahmawati

Terbaru