CLOSE [X]

Idul Adha 2023, Ini Tips Atasi Masalah Mengemudi Saat Libur Panjang Akhir Pekan

Selasa, 27 Juni 2023 | 11:42 WIB   Penulis: Virdita Ratriani
Idul Adha 2023, Ini Tips Atasi Masalah Mengemudi Saat Libur Panjang Akhir Pekan

ILUSTRASI. Ada beberapa tips mengatasi masalah mengemudi saat libur panjang akhir pekan dari Auto2000. ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya/aww.


OTOMOTIF - Cuti bersama dan libur Idul Adha 2023 menjadi momen yang tepat untuk berlibur bersama keluarga atau sahabat. 

Selain sudah masuk musim liburan sekolah, pemerintah juga telah menetapkan cuti bersama yang menambah panjang libur Hari Raya Idul Adha 2023.

Namun, ada beberapa hal yang perlu diketahui oleh Anda agar liburan tetap aman dan nyaman.

Baca Juga: Lebaran Idul Adha Rabu 28 Juni 2023? Cek Lokasi Shalat Idul Adha di Jakarta

Tips mengatasi masalah mengemudi saat libur panjang akhir pekan 

Dirangkum dari keterangan resmi Auto2000, berikut adalah tips mengatasi masalah mengemudi saat libur panjang akhir pekan: 

1. Waspadai jalan rusak 

Bahaya laten pertama yang perlu diwaspadai adalah jalan rusak yang beresiko membuat mobil rusak atau kecelakaan. 

Rambu jalan juga dapat membuat bingung, khususnya kalau Anda belum pernah melewati sebelumnya, termasuk medan jalan pegunungan. Padahal muatan mobil penuh dan masih asing dengan rutenya. 

Baca Juga: Cara Blokir Grup di Telegram, Ini Tips agar Tidak Dimasukkan Grup Tak Dikenal

2. Genangan air 

Satu lagi sumber masalah dari kondisi jalan adalah aquaplaning yang dapat terjadi kapan saja saat mobil melaju di jalan yang basah. 

Aquaplaning adalah kondisi ban mobil yang kehilangan penapakan (traksi) pada permukaan jalan saat melintasi genangan air hujan.

Hal ini perlu diwaspadai karena dapat menyebabkan mobil tergelincir. Segera kurangi kecepatan bila turun hujan atau jalan basah untuk mengurangi risiko aquaplaning

Baca Juga: Cek dan Waspada Ciri-ciri Koleserol Tinggi, Jangan Sampai Pesta Idul Adha Jadi Petaka

3. Persiapkan mobil sebaik mungkin 

Persiapkan mobil sebaik mungkin dengan mengisi penuh BBM dan e-toll, serta mempersiapkan kebutuhan penumpang seperti makanan dan minuman.

Meski sibuk, jangan lupa untuk memeriksa kondisi mobil. Sebab, mobil yang digunakan untuk liburan tanpa adanya pengecekan dapat menimbulkan risiko masalah seperti pecah ban, mesin mogok, cairan rem atau radiator coolant habis, atau kendala teknis lainnya.

Untuk itu, Anda wajib fokus dan waspada saat mengemudi, sehingga siap mengantisipasi segala kemungkinan. Hindari mengemudi agresif, cari informasi mengenai kondisi jalan dari media massa atau sosial media. 

Bagaimanapun kondisi jalan, manfaatkan peta digital untuk membantu memantau rute dan potensi masalah, serta lebih tenang dan sabar ketika menemui situasi yang tidak diinginkan. 

Baca Juga: Intip Jumlah Kalori Daging Kambing beserta Kandungan Gizi untuk Tubuh

Auto2000 tetap beroperasi normal 

Pada momen cuti bersama Idul Adha kali ini, khususnya di hari Rabu, 28 Juni dan Jumat, 30 Juni 2023 (kecuali tanggal 29 Juni 2023), Auto2000 tetap beroperasi normal untuk penjualan mobil dan juga layanan service. 

Bila Anda belum sempat servis berkala atau ingin melihat mobil keluaran terbaru Toyota, tentu tetap dapat mengunjungi Auto2000 terdekat. 

Khusus untuk servis, lakukan booking terlebih dahulu untuk memastikan slot bengkel dan part Toyota kesayangan tersedia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Virdita Ratriani

Terbaru