IFEX 2021 hadirkan 59 perusahaan dari sentra mebel dan kerajinan

Rabu, 17 Maret 2021 | 08:00 WIB   Reporter: Amalia Nur Fitri
IFEX 2021 hadirkan 59 perusahaan dari sentra mebel dan kerajinan


PAMERAN - JAKARTA. Gelaran pameran mebel dan kerajinan terbesar di regional, Indonesia International Furniture Expo (IFEX) tahun ini menghelat rangkaian program virtual, salah satunya adalah IFEX Virtual Expo yang dilaksanakan pada tanggal 11-14 Maret 2021 ini.

IFEX Virtual Expo merupakan pameran virtual perdana dari IFEX yang menampilkan 59 perusahaan dari sentra produksi mebel dan kerajinan yang tersebar di Indonesia.

IFEX Virtual Expo merupakan wadah pameran yang memanfaatkan teknologi untuk tetap melaksanakan kegiatan bisnis furnitur dari Indonesia untuk dunia.

Baca Juga: Dyandra Media International (DYAN) fokus garap infrastruktur telekomunikasi

Himpunan Industri Mebel dan Kerajinan Indonesia (HIMKI) dan Dyandra Promosindo selaku penyelenggara IFEX Virtual Expo mengungkapkan penyelenggaraan IFEX yang selalu diadakan berkala tiap tahun, pada tahun ini diadakan secara virtual untuk mengakomodir kebutuhan buyers untuk tetap terhubung dengan para exhibitors meskipun di tengah pandemi.

Abdul Sobur, Presidium HIMKI, menyatakan kebijakan pembatasan mobilitas dan tidak membuat kerumunan membuat IFEX diselenggarakan secara virtual yang dapat diakses oleh para buyers dari mana saja, baik dari domestik maupun mancanegara. IFEX Virtual Expo sendiri selama 4 hari ini telah diakses oleh 1.905 buyers dari 63 negara.

Penyelenggaraan IFEX Virtual Expo yang menampilkan produk-produk unggulan mebel dan kerajinan Indonesia juga untuk menggiatkan kembali kegiatan ekspor industri mebel dan kerajinan lokal ke pasar global.

Hal ini sejalan dengan arahan dari Presiden Joko Widodo untuk menggencarkan pemakaian dan pembelian produk lokal. IFEX sendiri kerap menjadi acuan tren mebel dan kerajinan di regional yang masih menarik perhatian buyers internasional.

"Apalagi di IFEX Virtual Expo ini lebih dari 1.000 buyers internasional mengakses platform dengan berasal dari beberapa negara, seperti Australia, Amerika Serikat, India, Spanyol, Singapura, Prancis, Yunani, Cina, Jepang dan Belanda. Masih tingginya minat pasar global terhadap produk Indonesia diharapkan dapat memulihkan kembali pertumbuhan ekspor industri mebel dan kerajinan lokal," ujar Abdul Sobur, Presidium HIMKI, dalam keterangan resmi yang diterima Kontan, Selasa(16/3).

Editor: Yudho Winarto

Terbaru