Otomotif

Imbas pandemi, distribusi Renault Triber A/T mesti diundur

Selasa, 19 Mei 2020 | 10:44 WIB Sumber: Kompas.com
Imbas pandemi, distribusi Renault Triber A/T mesti diundur

ILUSTRASI. RENAULT TRIBER: Peluncuran Renault Triber DI Bintaro, Tangerang Selatan, Jumat (12/7). Renault triber merupakan kendaraan modular 7-seater dengan mesin 1000 cc yang mampu memberikan daya hingga 72 hp dengan torsi puncak sebesar 96 Nm. KONTAN/Baihaki/12/7/

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Jadwal pengiriman unit Renault Triber di Indonesia mengalami perlambatan seiring dengan berbagai kebijakan pemerintah guna menekan penyebaran virus corona alias Covid-19. 

Terlebih, beberapa waktu belakangan banyak negara yang memutuskan untuk mengambil kebijakan lockdown sehingga aktivitas produksi kendaraan berhenti. Salah satu diantaranya ialah India.

Baca Juga: Pabrikan otomotif Prancis, Renault akan boyong SUV Kiger ke Indonesia

Meski demikian, Chief Operationg Officer (COO) PT Maxindo Renault Indonesia (MRI), Davy J Tuilan memastikan bahwa distribusi Triber bertransmisi manual sudah bisa dilakukan dalam waktu dekat. Pasalnya, mobil telah sampai di diler pada pekan lalu. 

"Tapi memang yang varian otomatik sedikit mundur karena ada pandemi, yang mengakibatkan hampir seluruh merek menutup pabriknya termasuk partner Renault di India," katanya dalam diskusi virtual, Senin (18/5). 

Davy menyatakan, awalnya Triber bertransmisi otomatis direncanakan bisa masuk Indonesia pada akhir Juni 2020 mendatang. India sebagai pemasok juga dinyatakan telah siap memenuhinya. Namun dikarenakan pandemi, rencana tersebut terpaksa harus disesuaikan kembali. 

"Sampai sekarang kita terus komunikasi dengan pihak India bagaimana mempercepat kehadiran Triber Amt (automatic transmission) ke sini. Belum fix, tapi kemungkinan produksi akan dilaksanakan pada Agustus," ujar Davy. 

Bila jadwal itu bisa dilaksanakan, maka proses pengiriman bisa dilakukan pada akhir Agustus dan pemasaran di dalam negeri pada September 2020. 

Baca Juga: Masih banyak skutik pilihan dibawah harga Rp 20 juta

Adapun kondisi impor mobil secara utuh ke Indonesia dalam masa pandemi, Davy menyatakan bahwa tidak ada masalah signifikan. "Kami apresiasi dukungan pemerintah agar semuanya lancar. Simple-nya tinggal menunggu waktu saja dari negara pengekspor. Kami usahakan supaya hal ini bisa dipercepat," kata dia. 

"Terkait harga Triber, kami membuat kebijakan kalau mengikuti Euro saat ini. Pada pandemi ini, tiba-tiba euro naik 15-16% dari kondisi normal sehingga kami naikkan (harga jual mobil) 9%," lanjut Davy. 

Berikut Harga Renault Triber per Mei 2020: 
RXL MT Rp 166.900.000 
RXT MT Rp 172.000.000 
RXZ MT Rp 179.900.000

(Ruly Kurniawan)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Imbas Pandemi, Distribusi Renault Triber A/T Mundur"


Editor: Tendi Mahadi


Terbaru