Indonesia Siap Kirim Talenta Terbaik di Kompetisi Robotik Internasional

Selasa, 11 Juni 2024 | 15:01 WIB   Reporter: Jane Aprilyani
Indonesia Siap Kirim Talenta Terbaik di Kompetisi Robotik Internasional

ILUSTRASI. MAKEX


KOMPETISI ROBOT - Industri teknologi kian berkembang pesat. Tak heran penggunaan robot dalam bisnis dan perkembangan industri berbagai sektor pun semakin ramai. Hal ini membuat platform kompetisi robotika tingkat tinggi yakni MakeX memberikan pembekalan pada generasi muda dalam memanfaatkan penggunaan sistem robot di era teknologi.

Mendukung edukasi anak akan industri teknologi, MAKEX Robotic Competition 2024 digelar selama bulan Oktober. Sebelumnya, MAKEX menggelar Press Conference di Gajah Mada Plaza yang mendukung penuh acara pendidikan dengan fasilitas dan lokasi yang strategis.

Serangkaian kompetisi MakeX 2024 juga akan digelar di berbagai lokasi bekerjasama dengan lembaga edukasi Bina Bangsa School - Malang (September), Singapore Intercultural School - Surabaya (September) , Koding Next - Jakarta (September) sebagai rekan penyelenggara hingga ke acara puncak Final Nasional di Fairway Nine Mall - Surabaya (Oktober).

"Kita menggelar acara ini untuk  mendapatkan talenta terbaik yang akan mewakili Indonesia berkompetisi di MAKEX WORLD CHAMPIONSHIP (Desember)," kata Erwin Octavia, CEO PT Joindo Eka Handal kepada awak media di Jakarta, Minggu (9/6).

Baca Juga: Daftar Top Film Netflix Hari Ini (27/5) Diisi Beragam Judul Film Terbaru

Dia mengatakan peserta kompetisi tahun ini terus meningkat. Hal ini membuktikan kemampuan generasi muda dalam penggunaan robotik sudah semakin meningkat. Sehingga talenta tanah air akan siap bersaing ke level internasional.

"Setiap tahunnya cukup meningkat, seperti tahun kemarin kami berhasil mengirimkan peserta dari Indonesia ke tingkat dunia itu kurang lebih 30 anak. Kita harap tahun ini bisa lebih banyak, targetnya nggak muluk-muluk mungkin 60 peserta yang akan partisipasi di tingkat dunia," ujarnya.

Semakin banyak siswa dan siswi yang awam dengan industri teknologi khususnya kompetisi robot diakui Erwin membuat banyak sekolah yang menerapkan penggunaan robotik dalam pembelajaran. Sehingga, penggunaan robotik pada anak sekolah sudah sangat berkembang.

"Ada beberapa sekolah yang sudah masukan ini ke dalam kurikulum. Jadi bagi mereka tentu akan lebih mudah. Kompetisi ini juga tidak terbatas di sekolah-sekolah tapi terbuka untuk umum yang ingin langsung bergabung," bebernya.

Baca Juga: Agak Laen Teratas, Berikut Daftar Top Film Netflix Hari Ini (3/6)

Untuk kompetisi MAKEX 2024 yang berlangsung, nantinya akan dibagi dalam beberapa kategori. Berikut detilnya.

● MAKEX INSPIRE untuk usia 6-12 tahun, peserta harus merancang dan memprogram robot dengan tema SMART LOGISTIC.

● MAKEX Spark untuk usia 6-13 tahun, peserta harus merancang inovasi ilmiah dan mempresentasikan karya ilmiahnya dengan tema DREAM HOME.

● MAKEX STARTER untuk usia 6-13 tahun, peserta harus merancang robotnya dengan menanamkan sistem Artificial Intelligence sebagai salah satu teknologi yang digunakan untuk menyelesaikan misi , tema tahun ini ALL-CORE JOURNEY.

● MAKEX EXPLORER untuk usia 8-15 tahun, peserta harus merancang robotnya agar tangkas untuk menyerang dan bertahan demi mendapatkan poin, tema tahun ini DIGITAL PIONEER.

Pada gelaran Kick Off MAKEX 2024 hanya kategori SPARK yang bertanding, dimana terlihat banyak hasil karya anak-anak yang memamerkan karya inovasinya. Pemenang dari kompetisi ini akan melaju ke tingkat nasional untuk bertanding kembali dengan para peserta terbaik dari segala daerah.

Selain dari kompetisi MAKEX ini, terlihat juga beberapa Laser Cutter XTOOL yang ramah bagi pengguna awal dan bagi pengrajin UMKM yang ingin memanfaatkan teknologi Laser pada hasil karyanya.

Baca Juga: Jadwal Playoff MPL S13 Day 4 (8/6/2024), Final Lower Bracket Evos Glory vs Geek Fam

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Jane Aprilyani

Terbaru