kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

Ingat, jangan mencuci kain tenun dengan deterjen


Rabu, 23 Oktober 2019 / 12:43 WIB
Ingat, jangan mencuci kain tenun dengan deterjen
ILUSTRASI. Kain tenun Lombok

Sumber: Kompas.com | Editor: Yoyok

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Selain batik, kain tenun menjadi salah satu wastra nusantara yang banyak digemari karena motif-motifnya yang unik dan eksotik. Karena dibuat menggunakan tangan, kain tenun perlu dirawat secara tepat agar tidak mudah rusak. Termasuk dari cara membersihkannya. 

Membersihkan dengan cara yang salah ternyata berisiko memudarkan warnanya, lho. "Sebagian tenun memang tidak luntur, tapi saya lebih mengimbau dry clean karena kita punya deterjen sekarang keras sekali sehingga bisa melunturkan, memudarkan warna tenun." 

Hal itu diungkapkan oleh Ketua Dekranasda Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), Julie Sutrisno Laiskodat seusai fashion show kain tenun NTT di Jakarta Fashion Week 2020 di Senayan City, Jakarta Selatan, Selasa (22/10). 

Baca Juga: Ekspor Indonesia ke Korea Selatan ditargetkan naik hingga 20% setelah IK-CEPA diteken

Di samping itu, tenun juga disarankan hanya diangin-anginkan setelah digunakan. Jangan sampai tenun bertemu sinar matahari atau sinar lampu terlalu lama, karena juga berisiko memudarkan warnanya. Jika ingin mencucinya dengan sedikit air, Julie menyarankan penggunaan sampo. "Sampo rambut lebih lembut daripada deterjen," tuturnya. 

Namun, Dekranasda dan beberapa pihak binaan kini sedang menguji coba agar bisa memiliki cairan pencuci yang tidak melunturkan kain. Sehingga, nantinya kain tenun bisa dibersihkan menggunakan air tanpa risiko warna memudar. 

"Kami harap bisa sukses. Ke depan kami juga mau punya benang yang tidak mudah luntur," ucap Julie. (Nabilla Tashandra)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Jangan Mencuci Kain Tenun dengan Deterjen, Ini Cara yang Tepat"



Video Pilihan

TERBARU

Close [X]
×