kontan.co.id
| : WIB | INDIKATOR |

Ingin cari pekerjaan? Coba manfaatkan LinkedIn


Senin, 23 September 2019 / 03:05 WIB

Ingin cari pekerjaan? Coba manfaatkan LinkedIn


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Teknologi telah mengubah cara hidup manusia. Zaman dulu, masyarakat mencari pekerjaan dengan mengirimkan surat lamaran melalui pos. Tapi kini, mereka mencari pekerjaan melalui situs web seperti LinkedIn.

LinkedIn merupakan situs web jaringan sosial berorientasi bisnis. Umumnya pengguna situs ini adalah para prefesional, pekerja, dan Human Resources Departement (HRD).

Para HRD menggunakan situs ini untuk berbagi informasi seputar lowongan pekerjaan. Sebagian dari mereka menyertakan alamat email pribadi sehingga pelamar dapat langsung mengirimkan CV kepadanya.

Atau, para HRD berburu kandidat yang cocok untuk mengisi posisi kosong di perusahaan melalui situs ini. Mereka memilih dan menghubungi kandidat setelah melihat profil dan keahlian (kandidat).

Tidak hanya para HRD yang menjadi aktif, para pekerja juga dapat aktif mencari pekerjaan. LinkedIn menawarkan fitur pencarian pekerjaan sesuai dengan keahlian dan minat pencari.

Asiknya, para pencari pekerjaan dapat langsung mengirimkan CV ke perusahaan pilihan. Sehingga, mereka tidak perlu membuka email pribadi untuk mengirimkan lamaran kerja dan CV.    

Baca Juga: Tips Menghadapi Persaingan Pencarian Lowongan Kerja

Bila tertarik mencari pekerjaan melalui situs ini, Anda wajib membuat akun LinkedIn terlebih dahulu.  

Anda buka website LinkedIn, www.linkedin.com melalui mesin pencari di dekstop. Lalu, Anda klik "Sign up" untuk mulai membuat akun LinkedIn.

Anda masukkan alamat email dan nama lengkap. Sebaiknya, Anda memasukkan nama sesuai Kartu Tanda Penduduk (KTP) ketika membuat profil pribadi.

Setelah itu, Anda klik "Bergabung sekarang" untuk melanjutkan proses pembuatan akun.

Lalu Anda isi data pribadi dan status pekerjaan. Bila Anda mahasiswa Anda dapat mengetuk "Mahasiswa". Kemudian, Anda masukkan kode verifikasi yang dikirimkan LinkedIn melalui email.

Anda atur konektivitas komunitas dengan menghubungkan akun dengan orang-orang yang dikenal. Setelah itu Anda klik "Lanjut" untuk menyelesaikan rangkaian pembuatan akun LinkedIn.

Baca Juga: Kini lebih mudah untuk mencari kerja informal lewat aplikasi Kormo

Anda up load foto untuk profile picture. Anda dapat menggunakan foto yang tersimpan di galeri laptop. Proses selesai, kini akun LinkedIn Anda sudah aktif.

Anda dapat melakukan up date informasi tentang pekerjaan atau pun pendidikan. Caranya dengan klik "Edit profile" dan Anda masukkan data terbaru.

Selain itu, Anda juga dapat memasukkan skill alias ketrampilan. Caranya, Anda masuk ke dalam account profile lalu klik ikon pena di kolom "Keahlian dan rekomendasi keahlian". Setelah itu, Anda klik "Simpan".

Anda dapat mengaktifkan fitur "Minat berkarier" bila sedang mencari pekerjaan. Anda klik kolom "Minat karier" kemudian pilih "Aktif".

Anda dapat menuliskan keahlian di dalam kolom "Catatan untuk perekrut". Selain itu, Anda dapat mengatur lokasi tempat pekerjaan yang diinginkan.      

 

 


Reporter: Tri Sulistiowati
Editor: Tri

Video Pilihan

Terpopuler

Close [X]
×