Profesi

Ingin cepat kerja? Bekali diri dengan 10 skill yang dibutuhkan di dunia kerja ini

Sabtu, 23 Januari 2021 | 14:00 WIB   Penulis: Tiyas Septiana
Ingin cepat kerja? Bekali diri dengan 10 skill yang dibutuhkan di dunia kerja ini

KONTAN.CO.ID - Banyak hal berubah akibat pandemi Covid-19. Karyawan pun perlu menyesuaikan diri dengan menambah skill yang dibutuhkan di dunia kerja sekarang.    

Bagi calon karyawan, mungkin Anda bertanya-tanya, apa saja kemampuan yang sedang dicari saat ini di dunia kerja. Sebanyak 10 profesional dari Dewan Sumber Daya Manusia Forbes memberikan daftar skill yang paling banyak dicari oleh para HRD perusahaan. 

Kemampuan yang dibutuhkan tersebut sesuai dengan kebutuhan perusahaan tahun 2021, terutama yang menggunakan sistem work form home atau WFH. 

Berikut daftar 10 skill yang banyak dibutuhkan di dunia kerja 2021, merangkum dari situs Forbes:

  • Keinginan untuk terus belajar

Teknologi yang terus berkembang memaksa manusia untuk terus belajar. Hal ini diperlukan agar mereka bisa beradaptasi dengan hal-hal yang baru. 

Contohnya saja di dunia pendidikan. Para guru sekarang dituntut untuk bisa memanfaatkan teknologi selama pandemi berlangsung. 

Sama halnya dengan karyawan di berbagai institusi. Agar tetap eksis, mereka perlu menanamkan kemampuan untuk terus belajar skill baru. 

Tanpa soft skill ini, karyawan akan kesulitan beradaptasi dengan lingkungan kerja yang terus berkembang. 

Baca Juga: BUMN SMF kembali buka lowongan kerja di 2021, ada 3 posisi ditawarkan

  • Berpikir kritis

Setiap perusahaan akan menghadapi tantangan-tantangan yang baru. Karenanya, karyawan diharapkan mampu berpikir secara kritis untuk mengembangkan inovasi. 

Tanpa inovasi, sebuah perusahaan bisa gulung tikar akibat tersaingi perusahaan lain yang lebih inovatif. 

  • Growth Mindset 

Secara harfiah, growth mindset berarti pola pikir yang berkembang. Dominique Farnan, HRD dari DotConnect melalui Forbes, mengatakan karyawan yang memiliki soft skill ini akan sangat dibutuhkan di perusahaan sekarang. 

Banyak hal berubah seiring berjalannya waktu. Dengan growth mindset, seseorang akan siap untuk belajar hal baru dan lebih fleksibel.

Karyawan yang memiliki fixed mindset atau pola pikir yang sudah paten, cenderung sulit untuk berkembang dan menerima pengetahuan baru. 

  • Kemampuan untuk bertahan

Tidak semua orang memiliki mental yang kuat dan mampu untuk bertahan. Perusahaan membutuhkan karyawan yang pantang menyerah meskipun berkali-kali gagal. 

Tentu mereka diharapkan belajar dari kesalahan dan bangkit untuk meraih keberhasilan dalam bekerja. Skill ini didapat dari pengalaman dan jarang yang didapat dari belajar di pelatihan atau kursus. 

Baca Juga: Penerimaan calon Perwira Prajurit Karier 2021 di Mabes TNI, ini kriterianya

Editor: Tiyas Septiana


Terbaru